Pangkalpinang,deteksionline.com – Sebagai langkah untuk menindaklanjuti terjadinya kasus Covid-19 di wilayah Air Itam kota Pangkalpinang yang menyebabkan salah satu Pasien Dalam Pantauan (PDP) terkonfirmasi meninggal dunia. Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang langsung menggelar rapid test dan tes swab secara masal berlokasi di Pasar Air Itam Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang, Senin (15/06/20).

Rapid test dan tes swab ini dipantau langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam dengan cara turun langsung ke lokasi.

Cara ini kata Radmida Dawam dilakukan untuk mengetahui kemungkinan ada masyarakat yang terkontak dengan pasien yang terindikasi Covid-19.

Selain itu lanjutnya, rapid test dan tes swab ini juga bertujuan untuk meminimalisir peningkatan dan penyeberaan virus Corona atau Covid-19 diwilayah tersebut.

“Melalui cara ini supaya cepat diketahui hasilnya dan cepat pula untuk ditindaklanjuti”, jelasnya kepada media.

Ia berharap, hasil hasil rapid test maupun hasil tes swab warga di Pasar Air Itam yang dilakukan oleh Pemkot Pangkalpinang ini semuanya negatif. Selain itu, Sekda juga mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan baik dengan cara selalu menggunakan masker ketika beraktivas maupun  mencuci tangan serta menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Jika tidak terlalu penting tidak perlu keluar rumah. Hindari tempat keramaian dan hindari berkumpul-kumpul”, ungkapnya. (yudhie)