Tambang Apung Ilegal di Sungai Perimping Tirus Kembali Marak

  • Share

Oleh Herman Saleh

SUNGAILIAT, DETEKSI ONLINE.COM- Tambang timah dengan sistem terapung kembali marak beraktifitas di alur Sungai Perimping Dusun Tirus Desa Riau Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka.

Terpantau lebih kurang ada 30 tambang Apung yang diduga milik masyarakat setempat dan ada juga milik warga pendatang sedang beraktifitas, Senin ( 26/11).

Mang Nurdin Salah satu Nelayan yang berhasil ditemui di sekitar pelabuhan Sungai Perimping mengaku sangat merasa terganggu dengan aktifitas tambang Apung tersebut, karena semenjak mereka kembali beraktifitas, hasil tangkapan kami menjadi berkurang karena Ikan dan Udang banyak yang lari.

“AKhir-aKhir ini tangkapan kami menjadi berkurang karena ikan dan udang pada lari karena aktifitas tambang apung itu,” ujar Mang Din kepada Deteksi Online, Senin (26/11).

Mang Din juga sebut tambang itu dikoordinir oleh Padli warga Tirus.

“Biasanya itu Padli yang urus pak, rumah Padli  di depan Smelter Dusun Tirus pak,” sebut Mang Din.

Sementara itu Kasat Polair Polres Bangka AKP Elpiadi mengatakan akan lakukan penyelidikan dalam waktu dekat.

“Akan kami lakukan penyelidikan atas keberadaan dan aktifitas TI RAJUK dimaksud trimakasih atas informasinya,” tulis AKP Elpiadi melalui pesan whatsaap.

Selain tambang Apung, di pelabuhan Nelayan Sungai Perimping ditemukan tumpukan kayu Singon yang menggunung, padahal dilokasi itu tidak ada ijin bongkar muat kegiatan apapun dari Syahbandar Pangkalbalam Pangkalpinang.

 

 675 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *