Petani Optimistis Tahun Ini Harga Tembako Membaik

  • Share
IMG-20180312-WA0049
TEMANGGUNG, DETEKSIONLINE.COM: Pemerimtah mengeluarkan regulasi dengan menaikan harga cukai rokok sebesar 10, 4 persen. Hal ini disambut baik para petani tembako, yang berharap dapat menjual hasil panennya lebih baik dari sebelum yang terkena dampak ekstrem cuaca.

Menurut pengamatan deteksionline.com, para petani mulai bergairah kembali untuk menanam tembako.

Di lereng gunung Sindoro dan Sumbing, petani sudah mulai  pembibitan untuk di tanam di bulan Maret ini. “Ini sudah dimulai oleh petani yang memumpunyai lahan di kawasan penggunugan,” kata Sumadi, petani di kaki Gunung Sindoro kepada,Deteksionline, Selasa (13/3).

Sementara, katanya, bagi para petani tembako yang arealnya di daerah persawahan masih nunggu panen padi dan hortikulltural berupa cabe, cool dan sayuran lainya, serta nunggu datangnya musim kemarau agar benar tuntas kadar airnya.

Para petani berharap pertengahan 2018 ini keadaan membaik, karena periode Januari – Pebruari harga tembako mengalami penurunan drastis.

Ini karena produksi tembako, stelah akhir musim tahun lalu mengalami penurunan dratis. Penurunan itu,  diakibatkan oleh datangnya hujan lebih awal dari perkiraan, sehingga para petani yang panenya di bulan September menggalami kerugian akibat kualitas tembako sudah tidak bagus.

“Insya Allah pertengan tahun ini kondisi membaik kembali,” harap Sumadi, yang tidak menginginkan harga tembako turun hampir 50 persen dibanding pada saat panen yang mencapai Rp 80 ribu perkilo. (sri utoyo)

 

 637 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *