Siskeudes, Awal Baru Pemerataan Bagi Rakyat Maluku Tenggara

  • Share

IMG-20171115-WA0054

 

LANGGUR, DETEKSIONLINE.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi kegiatan sosialisasi Pengelolaan Dana Desa yang melibatkan unsur Pimpinan TNI – POLRI, Pimpinan DPRD, Pimpinan SKPD dan Kepala / Peajabat Ohoi.

Tema “Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Mengunakan Siskuedes Di Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2017 Menuju Tata Kelola Keuangan Desa Yang Bersih, Transparan dan Akuntabel”

Kegiatan sosialisasi sistem keuangan desa (Siskuedes) yang disampaikan langsung oleh Bpk RI Provinsi Maluku, Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Maluku beserta Staf, dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Maluku di Hotel Grand Villia Langgur, Senin (13/11/2017) lalu.

Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun melalui Wakil Bupatinya Drs. Yunus Serang. M. Si, mengatakan bahwa Sistem Informasi Keuangan Desa yang dikenal dengan sebutan siskeudes adalah sistem yang dirancang dengan mengunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) bertujuan untuk menyederhanakan Pengelolaan Keuangan Ohoi secara sistematis, sederhana, mudah, transparan dan bertangung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Untuk itu, Pengelolaan seperti ini dapat memudahkan Pengelola Dana Ohoi secara tertib, transparan serta mampu dipertangung jawabkan sesuai sistem menejemen moderen untuk mendorong pemerintah dalam Apilikasi Keuangan Desa / Ohoi yang tepat simple,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kementrian Dalam Negeri bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembagunan (BPKP) RI telah merumuskan dan menerapkan sistem Informasi Keuangan Desa atau Siskeudes dalam Pengelolaan Keuangan dana Desa atau Ohoi.

“Hal ini dapat terwujud berkat kerjasama antara Kemendagri dan BPKP RI,” ucapnya.

Ir. Andreas Rentanubun menambahkan kabupaten malra terdiri dari 192 Desa / Ohoi telah mengunakan Siskeudes (Sistem Informasi Keuangan Desa), jadi kabupaten Maluku Tenggara sudah 100% menggunakan Siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa dan hal ini dapat mempermudah para Kepala Ohoi dan perangkat-nya dalam menata keuagan Desa.

“Kedepan, dengan ada-nya sosialisasi Keuangan Desa dapat bermanfaat untuk Kepala atau Pejabat Ohoi dalam Pengelolaan Keuangan Desa dengan sebaik-baiknya,” harap-nya.

Dalam sosialisasi tersebut hadir sebagai Narasumbur dalam kegiatan Sosialisasi Siskeudes adalah ; Edison Betaubun, SH, MH dari unsur Pimpinan DPR RI, Direktur Kuangan BPK RI Provinsi, Gubernur Maluku yang diwakili oleh Asisten 1, Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Maluku dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Maluku.

(Jecko Poetnaroeboen)

 613 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *