33 Anggota Paskibraka Pemkab Maltra Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

  • Share
IMG-20170804-WA0016
Anggota Paskibraka Pemkab Maluku Tenggara (Maltra).

TUAL, DETEKSIONLINE.COM – Salah satu bentuk wujud nyata dan kepedulian oleh pihak Dinas Pemuda dan olah raga kabupaten maluku tenggara dalam memberikan perlindungan bagi 33 anggota Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2017.

 

“Untuk itu, bagi 33 peserta yang menjadi Paskibraka telah kami daftarkan lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Tual Patimura, yakni akan mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” Ungkap Muhsin Rahayaan kepada DETEKSIONLINE.COM di Tual, Rabu (2/8/2017).

 

Menurut Muhsin Rahayaan, bahwa dengan terdaftar-nya Angota Paskibraka sebagai Peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan salah satu tugas dan tangung jawab saya selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

 

“Hali ini, guna bertujuan untuk mewujudkan serta memberikan perlindungan kepada anggota Paskibraka pada saat melaksanakan latihan dalam menyongsong hari kemerdekaan 17 Agustus 2017,” ucap Muhsin Rahayaan.

 

Lebih lanjut Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tual Patimura, Dwi Ari Wibowo mengatakan bahwa semua kebijakan yang di ambil oleh Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten maluku tenggara merupakan satu upaya dalam meningkatkan perlindungan serta melindungi Anggota Paskibraka dari risiko kecelakaan.

 

“Apabilah terjadih-nya kecelakan, yakni dalam hal ini Pihak BPJS Ketenagakerjaan yang menangung semua biaya perawatan dan pengobatan,” Ungkap Dwi Ari Wibowo

 

Dwi Ari Wibowo mengatakan, bahwa Pihak juga akan memasuki sekolah – sekolah yang ada di kabupaten maupun kota untuk dapat mendaftarkan siswa – siswa yang nantinya akan melaksanakan magang atau kerja praktek, dan bertujuan untuk mendapatkan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan.

 

Iuran untuk pelajar yang mengikuti perlindungan BPJS Ketenagakerjaan hanya dikenakan tarif sebesar Rp16.800,- per bulan atau tak sampai Rp 600,- per hari. mulai terhitung dari pelajar berangkat dari ruma hingga selesai magang atau praktek kerja.

 

Dwi Ari Wibowo menambahkan, Iuran itu dapat dipergunakan untuk mencakup dua program yang meliputi JKK dan JKM, jika ada peserta yang sampai mengalami Kecelakaan, seluruh biaya perawatan sampau sembuh plus biaya transprot-nya ditangung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

 

“Apabila ada peserta yang meningal dunia, maka ahliwaris-nya akan mendapatkan santunan sebesar Rp 24 juta, jawabnya Ari pada saat memberikan sosialisasi kepada Anggota Paskibraka,” Ujarnya. (FP-19)

 469 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *