Gunakan Alat Berat, Pengadilan Negeri Tual Eksekusi Lahan Sengketa

  • Share
sengketa-lahan
Ilustrasi. (Ist)

TUAL, DETEKSIONLINE.COM – Pengadilan Negeri (PN) Tual akhirnya melakukan eksekusi lahan sengketa antara saudara Umar Rettob berhadapan dengan saudara M, Rais Tamnge, dan sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Panitera (PN) tual bahwa dimenangkan oleh saudara M, Rais Tamnge selaku penggugat.

 

Terpantau pada hari, rabu (2/8/2017), di sepanjang Ruas jalan Panglima Mandala Kecamatan Dullah Selatan, Pengadilan Negeri Panitera (PN) Tual melaksanakan Eksekusi lahan sangketa.

 

Dengan berlangsung-nya Eksekusi lahan sangketa, Pengadilan Negeri Panitera (PN) tual melibatkan semua aparat keamanan diantara-nya Polres Maluku tenggara, Brimobda Kompi D tual, Kodim 1503 Yual, Satpol PP Malra, eksekusi lahan hanya mengunakan satu unit alat berat.

 

Untuk itu, berdasarkan putusan Mahkama Agung (MA) Republik Indonesia No 3163 K / PDT / 2015 dengan perkara kasasi perdata antara Umar Rettob selaku tergugat melawan saudara M, Rais Tamnge selaku penggugat, yakni menolak kasasi dan mengabulkan putusan Pengadilan Tual dan pengadilan tinggi Ambon.

 

Panitera PN Tual I Wayan Artawan beliau membacakan putusan Mahkama Agung Repoblik Indonesia oleh Pnitera PN Tual bahwa lahan sengketa yang dimenangkan oleh pihak penggugat dan lahan harus di eksekusi kepada pihak tergugat yakni Umar Rettob beserta 12 keluarga lain-nya.

 

“Lahan sengketa sebelum di eksekusi, warga yang berdomisili di sepanjang jalan raya Panglima Mandala, yakni yang menempati lahan sengketa tetsebut telah menutup jalan dengan mengunakan kayu,” ujar I Wayan Artawan.

 

Lebih lanjut, Menurut salah satu tokoh pemuda dari pihak tergugat, yakni Kifli Madamar dalam orasinya ia menyampaikan bahwa kota tual dikenal sebagai kota yang beradat, untuk itu permasalahan ini dapat diselesaikan secara adat.

 

“Kita juga sangat berharap untuk permasalahan ini dapat diselesaikan lewat Adat Istiadat bukan dengan cara – cara seperti ini,” Ucapnya.

 869 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *