Terbukti Korupsi, Dua Oknum PNS Nias Divonis Satu Tahun Penjara

  • Share
potretnewscom_yuecu_3143
Ilustrasi. (Ist)

GUNUNGSITOLI,DETEKSIONLINE.COM – Kasus korupsi pembangunan kantor bupati nias utara TA. 2012 dan TA. 2013 akhirnya di eksekusi oleh Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

 

Menurut Kasipidsus Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Yus Iman Harefa menjelaskan bahwa Kedua terpidana yang dieksekusi pada hari ini Jumat (21/07/2017) kemarin sekitar pukul 15.50 wib yaitu Arifin Hulu sebagai PPK pada TA. 2012 dan Arfan Asidiq Zalukhu sebagai PPK tahun anggaran 2013.

 

“Vonis Kedua Terdakwa diputuskan hari ini (kemarin),” ujar Yus Iman Harefa kepada wartawan.

 

Lebih lanjut Yus Iman Harefa mengungkapkan jika pada bulan juni 2017 lalu keduanya kita tuntut satu tahun enam bulan, namun sesuai putusan pengadilan Tipikor Medan tanggal 4 juli 2017 memutuskan masing-masing di hukum selama 1 (satu) tahun penjara, denda Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan subsider 1 (satu) bulan penjara.

 

“Setelah kita menunggu kedua terpidana ini baru kita eksekusi hari ini dikarenakan setelah kita menerima putusan, kita menunggu apakah kedua terpidana ini mau melakukan upaya hukum, namun keduanya menerima hukumannya dan tidak melakukan upaya hukum lainnya,” ungkapnya.

 

Yus Iman Harefa menambahkan bahwa hasil audit kerugian negara akibat perbuatan terpidana mencapai Rp. 178.000.000,- (seratus tujuh puluh delapan juta rupiah) dan uang ini telah di kembalikan sepenuh oleh kedua terpidana kepada negara, dan juga tadi kita dapatkan informasi dari kedua terpidana ini, denda yang berikan kepada mereka dalam waktu dekat ini akan segera di bayarkan.

 

“Kedua terpidana mengatakan jika uang hasil korupsi sudah dikembalikan, dan untuk denda menyusul. Meski demikian Untuk hukuman penjara wajib dijalankan,” terangnya.

 

Yus iman Harefa juga mengatakan hari ini kedua terpidana kita eksekusi dengan menyerahkan di Lapas Hilinaa kelasIIB Gunungsitoli untuk menjalani hukuman.

 

“Sudah diserahkan ke LP Hilinaa kelas IIB,” tutupnya. (Damai)

 622 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *