Ditlantas PMJ Keluarkan Jurus Jitu Antisipasi Macet Arus Balik

  • Share
Dirlantas-Polda-Papua
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Halim Pagarra. (Ist)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Dalam mentambut arus balik Lebaran 2017, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah merancangkan sebuah skema rekayasa lalu lintas yang telah dikoordinasikan dengan pihak Korlantas Polri. Salah satunya adalah rekayasa lalin yang telah disiapkan apabila kemacetan terjadi di gerbang jalan tol Cikarang Utama.

 

 

“Apabila terjadi kepadatan sampai Kilometer 32, akan ada dua rekayasa untuk mengurangi kepadatan. Pertama, kendaraan akan diarahkan ke pintu keluar jalan tol Cibatu, kemudian masuk kembali melalui pintu jalan tol Cibitung. Kedua, kendaraan juga bisa keluar di pintu keluar jalan tol Cikarang Barat Km 30 dan masuk kembali melalui pintu jalan tol Cikarang Barat pada jalur yang sudah dikanalisasi,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Halim Pagarra kepada wartawan di Jakarta, Kamis (29/06/2017).

 

 

Halim kembali menjelaskan apabila ada kepadatan di jalan tol Cikarang maka akan dilakukan diskresi.

 

 

“Apabila antrean di jalan tol Cikarang Utama sudah lebih dari 5 km, akan dilakukan diskresi, yang lebih dulu dilaksanakan koordinasi dengan Jasa Marga untuk membuka gerbang jalan tol sehingga masyarakat tidak perlu membayar tol di Cikarut,” ungkapnya.

 

 

Halim menambahkan bahwa pihaknya (Ditlantas PMJ) telah menyiapkan empat pos pengamanan dan pelayanan yang disiagakan di empat titik, yakni Km 34, 32, 29, dan 19.

 

 

“Upaya lain yang kami siapkan adalah dengan dilaksanakan contra flow di KM 68 – 40 secara situasional,” terangnya.

 

 

Tak lupa ia mengingatkan kepada jajarannya untuk gencar berpatroli guna mengantisipasi kemacetan.

 

 

“Kami juga telah menginstruksikan ke anggota agar gencar melakukan penerangan keliling serta patroli guna mengingatkan masyarakat agar tidak istirahat di bahu jalan. Supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan,” tegas Halim Pagarra.

 

 

Dalam kesempatan ini, Dirlantas Polda Metro mengatakan pihaknya tidak hanya fokus di Tol, namun juga tetap siaga di jalur-jalur arteri. Sebab, menurutnya fakta menunjukkan kejadian laka lantas meninggal dunia banyak terjadi di jalur arteri.

 

 

“Pelayanan (patroli) kami gak hanya fokus di tol, jalur arteri yang rawan kecelakaan tetap dalam pantauan kami,” tuturnya.

 

 

Sementara itu, cara bertindak yang disiapkan di tol Dalam Kota yakni akan diprioritaskan yang ke arah Barat dari Tol Cikampek. Arus kendaraan yang dari arah Jagorawi akan dilakukan buka tutup. Begitu juga dengan pintu tol Cawang juga akan dibuka tutup. Adapun pada jalur arteri, rekayasa lalu lintas yang disiapkan yakni dengan memprioritaskan traffic light yang ke arah Barat pada TL Pancoran dan Kuningan.

 

 

“Tapi, apabila Tol Dalam Kota sudah tidak dapat menampung, maka akan dilakukan penyekatan di Cikarut,” terangnya.

 

 

Halim menghimbau mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar disiplin dalam berlalu lintas serta mengikuti diskresi lapangan yang dilakukan pihak Kepolisian. Sebab, diskresi Kepolisian tentu dilakukan agar masyarakat dapat berlalu lintas dengan aman, nyaman, serta lancar.

 

 

“Bagi pengguna jalan agar tetap berhati-hati dalam berkendara, selalu ikuti anjuran petugas di lapangan. Diskresi dari kami adalah demi menjaga keselamatan anda,” tutupnya. (Yori)

 693 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *