KUMKMP Sidak di Supermarket Kelapa Gading, Temukan 3 Barang Ilegal

  • Share
IMG-20170612-WA0010
Dinas KUMKMP menemukan tiga produk ilegal saat menyidak supermarket Kelapa Gading. (foto: Dimas)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Mencegah, dan Perdagangan (KUMKMP) menggelar sidak parsel di swalayan Food Hall dan Farmers Market, Mall Kelapa Gading (MKG), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Dalam hasil operasi tersebut, ditemukan sejumlah jenis makanan ringan dalam parcel yang dijual di Food Hall MKG tidak teregistrasi pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

 

Kepala Dinas KUMKMP, Irwandi mengatakan, ketiga jenis makanan ringan tersebut, yakni teh hitam strawbery, kwaci, dan biskuit cokelat. Barang tersebut pun diamankan sebagai barang bukti pengawasan.

 

“Jadi ketiga jenis makanan itu tidak teregister setelah dicek pada aplikasi BPOM,” ujar Irwandi, saat ditemui di Mal Kelapa Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (12/6/2017).

 

Dia menjelaskan, sidak parcel yang dilakukannya kali ini berdasarkan pada Undang-undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jadi, sudah menjadi tanggung jawab untuk mengawasi penjualan parcel, baik dikalangan pedagang kecil maupun di dalam Mal.

 

“Kita akan tindaklanjuti penemuan ini kepada para suplier makanan ringan itu,” tegas Irwandi.

 

Sementara itu, penanggung jawab Food Hall MKG Sarwono berdalih baru dibuka swalayan menjadi penyebab kelalaian dalam mengecek tanggal kedaluwarsa makanan ringan yang dikemas dalam bentuk bingkisan. Pengawasan terhadap barang yang dijual pun diakuinya masih minim.

 

“Kami sangat berterimakasih kepada Dinas KUMKMP yang telah melakukan pengawasan ini. Kami jadi mengetahui ada barang yang tidak teregistrasi,” tambahnya. (Dimas)

 

 424 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *