Tahanan Kabur Dari LP Pemuda Tangerang, INW : Segera Copot Kalapasnya!

  • Share

 

IMG-20170608-WA0045
Ketum Indonesian Narcotics Watch (INW). (INW)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Ketua Indonesian Narcotics Watch (INW) Josmar Naibaho mendesak Kementerian Hukum dan Ham mengusut tuntas penyebab kaburnya tahanan kasus narkoba, Dodi alias Mpek dari LP Pemuda Tangerang, pada hari Selasa (6/6/2017) lalu. Selain memeriksa Kalapas Tangerang selaku pejabat yang paling bertanggungjawab, Kemenhukham juga harus melakukan evaluasi menyeluruh  sistem pengamanan di LP Pemuda Tangerang, evaluasi berkala baik itu teknis maupun teknis non teknis.

Menurut pantauan INW diperoleh informasi bahwa seorang narapidana  bernama  Dodi alias  Mpek penghuni kamar 3 blok B LP Pemuda Tangerang sekitar pukul  17.00 WIB, Selasa 6 Juni 2017 diketahui melarikan diri. Pelarian narapidana yang divonis 10 tahun  ini merupakan yang kedua kalinya ia akukan.

Sebelumnya ia diketahui mencoba melarikan diri saat tengah menjalani sidang di Pengadilan. Namun pelariannya tak berlangsung lama karena aparat berhasil menangkapnya setelah dilumpuhkan dengan timah panas.

Maka dengan kasus ini, Josmar Naibaho mendesak Kemenkum dan Ham segera turun tangan untuk setahun memeriksa aparatnya, mengevaluasi hal-hal  teknis dan non teknis

Untuk teksnia seperti kelengkapan peralatan dan teknologi yang digunakan dalam pengamanan di LP Pemuda Tangerang dan evaluasi non teknis meliputi kondisi psikologis tahanan juga perlu dilakukan.

Josmar menambahkan jika Pengelolaan hal-hal yang menyangkut bisnis seperti kantin dan kemungkinan perebutan atau keterlibatan bisnis kotor dan haram di penjara juga harus diselidiki. Sebab tak menutup kemungkinan hal ini  memicu tahanan mencari peluang untuk melarikan diri.

“Kemungkinan napi ingin kabur itu ada banyak faktor, contohnya terlilit hutang bisnis kotor di LP. Ini baru dugaan sementara kita. Untuk kepastiannya tentu kita akan tunggu penjelasan resmi pihak LP. Pemuda Tangerang,” pungkasnya.

 919 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *