KPK Ungkap Permainan Kotor BPK, Fitra : Segera Reformasi Total BPK!

  • Share
deputi-sekjen-fitra-apung-widadi_20170426_163900
Deputi Sekjen Fitra Apung Widadi : Sudah Saatnya BPK Berbenah. (Ist)
 
JAKARTA, DETEKSIONLINE. COM –Selang seminggu setelah Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) memberikan hasil Audit kepada Presiden dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), namun malam ini dua auditor utama BPK ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) bersama dengan Oknum dari Kemendes.
Deputi Sekjen Forum Indonesia Untuk Transfaransi (FITRA), Apung Widadi sangat prihatin atas kejadian ini dan menyatakan bahwa gal Ini adalah sebuah tamparan keras bagi BPK. Mitos selama ini bahwa ada jual beli predikat WTP di BPK seolah olah terpecahkan. Penangkapan oleh KPK ini harus dijadikan momentum reformasi total BPK.
“Dengan adanya OTT KPP ini semua jadi terang benderang, jadi jual beli predikat WTP bukan sekedar rumor tapi memang ada. Oleh karena itu segera rombak  total BPK,” ujar Apung Widadi dalam siaran pers tertulisnya di Jakarta, Jum’at (26/5/2017).
Apung mengungkapkan bahwa Ini adalah momentum untuk buka-bukaan borok di dalam BPK. Lembaga auditor negara ini mengaudit kurang lebih 3000 Triliun uang negara baik APBN maupun APBD.
“Inilah momentum untuk buka-bukaan borok di BPK,” ucap Apung.
Apung melanjutkan “Jika Reformasi total BPK ada dalam dua hal Pertama reformasi internal, dengan memperbaiki sistem integritas internal auditor. Dan kedua, rombak pimpinan BPK, jangan dari comot dari partai politik,” tegasnya.
” Bagaimana kita akan bersih dari korupsi, kalau auditornya yang menentukan kerugian negara justru malah korupsi juga” tutup Apung.
Diberitakan bahwa BPK membenarkan jika ada pegawainya pegawainya ditangkap oleh KPK hari ini. Yang ditangkap adalah 2 orang auditor dan 1 orang staf.

“Dua orang auditor dan 1 orang staf. Inisial R dan AS. Satu lagi Y (staf),” kata Sekjen BPK Hendar Ristriawan di Kantor BPK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2017).

Hendar mengatakan penangkapan dilakukan pada pukul 15.12 WIB. Ada petugas KPK yang menuju salah satu ruang auditor.

“Kemudian jam 17.08 WIB, 2 orang auditor BPK dibawa KPK dan 1 staf dibawa ke KPK. Sampai jam ini, saya masih menunggu, berita lebih lanjut dari KPK tetapi besok sore saya mendapat informasi dari KPK akan dilakukan konpres dan juga dari BPK juga akan turut serta dalam konpres itu,” ungkapnya. (Yori) 

 

 555 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *