Ahok Divonis 2 Tahun Penjara, Pendukung Histeris

  • Share
IMG-20170509-WA0013
Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam persidangan kasus dugaan penistaan agama. (Ist)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM- Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis bersalah terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus dugaan penistaan agama.

Majelis hakim yang diketuai oleh Dwiarso Budi Santiarto menyatakan bahwa terdakwa Ahok bersalah dalam kasus penodaan agama dan dihukum penjara selama 2 tahun.

“Menyatakan Ir Basuki Tjahaja Purnama terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penodaan agama dan menjatuhkan pidana penjara 2 tahun dan memerintahkan terdakwa ditahan,” tegas Dwiarso dalam persidangan di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Vonis ini lebih berat dari tuntutan jaksa yang hanya menuntut terdakwa dengan hukuman 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Sebelumnya, Ahok didakwa melakukan penodaan agama lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51, saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok didakwa dengan dua pasal alternatif, yakni Pasal 156a KUHP dan atau Pasal 156 KUHP.

Namun dalam tuntutannya, JPU mengabaikan Pasal 156a KUHP karena ucapan Ahok tak memenuhi unsur niat. JPU pun menuntut Ahok dengan Pasal 156 KUHP dan dihukum 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

Terpantau di lokasi pendukung Ahok yang sebagian besar kaum hawa, histeris dan pingsan karena dinilai vonis terhadap Ahok terlalu berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum sebelumnya.

Atas vonis tersebut, Ahok melalui pengacaranya mengajukan banding. (yori/Lis)

 502 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *