Sambut Waisak, Umat Budha Tanam Pohon dan Lepas Ikan Di Taman Kota Waduk Pluit

  • Share
Ratusan umat Budha di kawasan Jakarta dan sekitarnya berkumpul di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara dengan menggelar Gema Waisak  pada Sabtu s di (6/5) sebagai bagian dari persiapan hari raya Tri Suci Waisak 2561 BE/2017
Dalam kegiatan yang dilaksanakan satu hari penuh hingga Minggu (7/5) besok itu juga dilepaskan puluhan burung Gereja, burung merpati, dan 50 ribu bibit ikan nila, lele, mujair, serta penanaman puluhan pohon bodhi di tepian waduk terbesar di kota pesisir itu.
Bhikkhu Dhammasubho Maha Thera mengatakan persiala perayaan Waisak yang akan jatuh pada 11 Mei nanti sudah dirayakan oleh umat Budha sejak April lalu dengan berbagai kegiatan sosial di RPTRA Kalijodo dan juga kawasan kota tua.
“Kita memilih tema cinta kasih, menjaga kebhinekaan, tema ini diangkat karena kita akhir-akhir ini sering mengalami reduksi dengan berbagai sikap intoleransi,” kata Dhammasubho.
Menurutnya, pemahaman Bahwa Tunggal Ika dan Pancasila adalah warisan leluhur dan pejuang yang digagas untuk kebaikan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai puluhan suku bangsa.
“Kita doakan agar bangsa dan negara kita adalah berlaku hormat satu dengan yang lain, karena itu paling tinggi nilai nya. Budaya puja atau cinta kasih yakni kaya santun, budi pekerti luhur, meringankan beban penderitaan diri sendiri dan orang lain, agar semua makhluk berbahagia,” tambahnya.
Sementara itu Ketua Panitia Bakti Sosial dan Gema Waisak, Michael Satya, mengatakan pihaknya juga menampilkan berbagai acara sosial seperti donor darah, pengobatan gratis, serta pemberian 1500 paket sembako kepada warga tidak mampu di Waduk Pluit.
“Kita ingin berbuat kebajikan, berbagi kasih dengan saudara kita di Waduk Pluit dengan niat menjalin kebersamaan untuk membantu warga. Kita jaga kebhinekaan, meski berbeda, tapi semua bersaudara,  sama-sama menjaga keutuhan NKRI kita,” kata Michael.

 

 595 total views,  5 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *