Tekan Pelanggaran, Awal Mei Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Razia STNK Palsu

  • Share
IMG-20170429-WA0003
Personel Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya lakukan penertiban (razia) demi menegakan hukum di jalan raya serta menanamkan kesadaran pengendara untuk tertib dokumen dan tertib berkendara di jalan raya. (foto:Ist)

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM- Untuk menekan pelanggaran serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu-lintas, Dirlantas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta akan menggelar razia terhadap kendaraan yang Surat Tanda Nomor Kendraan (STNK) yang tidak sah alias palsu.

Direktur lalu lintas Kombes Pol Ermayudi Sumarsono melalui juru bicaranya Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengungkapkan, razia terhadap kendaraan yang STNK-nya yang tidak sah tersebut akan mereka gelar pada awal bulan Mei 2017. Bagi pengendara yang ditemukan pajaknya mati atau STNK-nya mati akan dilakukan penilangan.

“Razia STNK ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun kesadaran hukum masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Kendaraan harus dilengkapi dengan STNK yang sah, sehingga perlu ada pengawasan secara rutin dan berkala,” ujarnya, Senin (24-04-2017) lalu.

Lanjut AKBP Budiyanto menjelaskan, razia terhadap STNK kendaraan ini dilakukan karena banyaknya kendaraan yang belum mendaftar ulang dengan artian para wajib pajak belum membayar pajak 5 tahunan. Kemudian hal ini juga dilakukan untuk mencegah penggunaan kendaraan bodong yang tidak dilengkapi dengan STNK atau yang tidak sah.

Kemudian terekait tindakan penilangan yang dilakukan oleh pihak kepolisian kata AKBP Budiyanto, sudah sesuai dengan Pasal 288 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tentang kendaraan yang tidak dilengkapi dengan STNK yang sah dilakukan penilangan.

“jika melanggar (penggunaan STNK palsu)  dapat dikenakan pidana dengan kurungan maksimal 2 bulan atau didenda maskimal Rp 500 ribu. Sedangkan untuk kendaraan yang pajaknya mati nanti menjadi kewenangan Dinas Pajak dan Retribusi Provinsi DKI dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS),” jelasnya.

IMG-20170429-WA0002
Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ermayudi Sumarsono. (foto: Yori)

Terpisah, Kombes Pol Ermayudi Sumarsono menegaskan bahwa apa yang Ditlantas Polda Metro Jaya lakukan semata-mata adalah untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) di Ibu kota.

“Kami tegas bukan karena getol tilang menilang, namun menciptakan  Kamseltibcar di kota Jakarta adalah tugas Kami,” tegas Kombel Pol Ermayudi Sumarsono.  (Yori) 

 316 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *