Resmob PMJ Ungkap Penipu Asal Taiwan

  • Share
IMG-20170309-WA0049
Warga Asing asal Taiwan dan China yang berhasil ditangkap oleh Tim Resmob Polda Metro Jaya atas kasus tindak pidanan penipuan. (Ist)

Jakarta,Deteksionline.com Penyidik Resmob Polda Metro Jaya berhasil mengungkap aksi penipuan yang dilakukan oleh Warga Negara Asing asal Taiwan, dengan modus mengaku sebagai lembaga penegak hokum dan berusaha menakut-nakuti dan memeras korbannya yang kebanyakan dari data-data nasabah sebuah bank di China dan Taiwan.

 

Tim yang dikomandani oleh AKBP Aries Supriyono SH. SIK berhasil menggeledah tiga tempat yang dijadikan ‘sarang’ untuk melakukan aksi penipuan tersebut, adapun TKP yang dimaksud adalah : TKP di Manyar 4 Rt 15 Rw 6 pantai indah kapuk Kel. Kapuk Muara Penjaringan, Jakarta utara dari tempat itu Polisi mengamankan zheng wenda, chenggong, mingwang, wangliang, weifeng, wei fu, zhang hong, zheng Xiaoping, lin shouxin, wei wenggui, chen qing, yu ligui, lin wei, lin jinde, chen yunmei, shi Bing , chen li jen.

 

“Total yang kami amankan ada sekitar 32 orang, yang terdiri  27 laki – laki dan 5 perempuan,” ujar AKBP Aries Supriyono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

 

Di TKP pertama Polisi juga turut mengamankan barang bukti Uang tunai rupiah : Rp.2.580.000, 40 lembar uang yuan,18 lembar uang ringgit ,1 lembar peso , 45 telepon Line, 6 Laptop, 45 VPN caller, 2 unit HT dan 25 paspor Taiwan.

 

Kemudian Polisi melakukan pengembangan di PIK Penjaringan yang diamankan ada 4 orang dan diperoleh Barang bukti di TKP manyar 7 seperti; 1 unit Laptop, 5 paspor, 6 HP, 5 buku tabungan, 1 unit dekorder cctv, 4 ID card Taiwan, 1 tas,1 kalung, 2 lembar dokumen berbahasa china.

 

“Kami bersama tim terus bergerak meminta keterangan dari pelaku yang telah diamankan terlebih dahulu, dan benar bahwa mereka memiliki jaringan yang cukup luas da nada beberapa titik yang kami ungkap,” papar Aries.

 

Dan kembali Polisi kembali menemukan TKP yang ke-3, terletak di jl. Camar elok V no. 20 PIK Penjaringan, Jakarta Utara. Dan pelaku yang berhasil diamankan ada sekitar 4 orang dengan barang bukti, 7 unit HP, 3 token BCA, 1 ATM BCA, 1 ATM BRI, 4 paspor Taiwan, uang tunai senilai Rp.3.190.000.

 

“Dari pengamatan saya komplotan ini memiliki team work yang cukup tersetruktur dengan rapi, dan penangkapan ini merupakan komitmen kami dalam memberangus kejahatan terorganisir yang dikendalikan oleh warga asing,” tutup Aries. (Yori/Ulis)

 456 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *