Selamatkan Generasi Muda dari Bahaya Disintegrasi, Intoleransi dan Narkoba

  • Share

DSC_0191

LAMPUNG, DETEKSIONLINE.COM: Acara Sosilalisasi empat pilar yang di selengarakan di Bandar Lampung dan dihadiri 200 siswa dari 9 SMK berlangsung sukses.

Para peserta terlihat begitu serius mendengarkan betapa pentingnya sosialisasi empat pilar, yang dapat diimplementasikan kepada generasi muda sebagai pondasi kuat dan kokoh.

Hadir sebagai narasumber utama Ir.Anang Prihantoro, Anggota MPR dari unsur DPD RI dapil Lampung dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung Dr.FX Sumarja.

Menurut Ir Anang, persoalan karekter diangkat menjadi fokus sosialisasi, karena saat ini terjadi penyimpangan dalam pelaksanan butir 2 Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika justru karena faktor lemahnya atau rusaknya karekter Bangsa Indonesia, mulai dari anak-anak sekolah di kalangan generasi muda dan Mahasiswa. Bahkan dari kalangan pejabat.

“Pebekalan karekter di kalangan pelajar sangat strategis karena 28 tahun lagi Indonesia merayakan Indonesia Emas,” tegas Anag.

Sosialisasi diwarnai tanya jawab yang dilontarkan siswa-siswi ini bisa menjadi monentum untuk melakukan segala upaya untuk bangkit dan berbenah diri menyusun kekuatan dan ini hanya bisa di lakukan jika generasi muda hari ini di selamatkan dari berbagai bahaya seperti disintegrasi, Intoleransi dan Narkoba.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang empat konsensus kebangsaan sekaligus menyerap aspirasi dan pendapat masyarakat.

“Kegiatan ini adalah bagian dari pelaksanaan tugas yang diamanatkan dalam Undang-Undang MD3 sekaligus sebagai ajang untuk mendapatkan berbagai masukan yang berarti dari masyarakat,” jelas Anang.

Penegasan Pancasila sebagai dasar negara, idiologi bangsa dan negara menyampaikan bahwa dalam konsensus kebangsaan Pancasila diposisikan sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Keberadaan Pancasila sebagai dasar negara harus dijaga dan dipertahankan karena laksana sebuah bangunan, jika dasar / pondasinya dirusak akan menghancurkan struktur bangunan secara keseluruhan, karenanya menjaga Pancasila adalah sebuah keniscayaan jika seluruh komponen bangsa ingin mempertahankan keutuhan NKRI. (Budi)*/dra

 414 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *