Ingin Nama Baik Pulih, MK Harus Tinjau Ulang Uji Materi UU Nomor 41 Tahun 2014

  • Share

 

gedung-mk
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK)

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM – Pasca Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap uji materi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan, banyak pihak yang menyangsikan kredebilitas lembaga MK.

Terkait hal ini, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe menyarankan MK untuk meninjau kembali draf putusan MK No 129 terkait putusan uji materi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan.

“Demi mendapat kepercayaan publik terhadap MK harusnya MK meninjau kembali draf putusan tersebut sebelum dibacakan dalam waktu dekat,” ujar Maksimus Ramses Lalongkoe kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/2/2016).

 

Menurut Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini, KPK menangkap Hakim Patrialis Akbar berkaitan dengan dugaan suap uji materi UU tersebut. Artinya draf uji meteri UU itu, sudah tidak dapat dipercaya lagi soal idenpensi hakim MK dalam memutuskan perkara tersebut.

 

“Intervensi kepentingan sudah bisa dijelaskan secara gamblang melalui terlibatnya Patrialis dalam dugaan suap itu,” ucap Ramses.

 

Peninjauan kembali ini juga kata Ramses sebagai bentuk keseriusan hakim MK memperbaiki citra MK yang kini berada pada titik nadir. Jika hal ini tidak dilakukan maka semakin tingginya rasa ketidakpercayaan publik terhadap MK.

 

Ia menambahkan, MK merupakan benteng terakhir publik mencari keadilan. Jika lembaga MK sudah tidak dipercaya kepada lembaga mana masyarakat mencari keadilan.

 

”Jika MK sudah ternodai, maka kemana lagi masyarakat harus mengadu,” lugasnya.

 

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa KPK menangkap telah Hakim MK, Patrialias Akbar dalam dugaan suap uji materi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan. Dalam penangkapan ini, KPK juga menemukan draf putusan MK Nomor 129 berada ditangan makelar. (Yori)

 

 404 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *