Pengamat : Sebaiknya Polri Bicara Seperlunya Agar Terhindar Dari Interpretasi Politik

  • Share

 

pengamat-politik-maksimus-ramses-lalongkoe-20161128_231249
Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe (foto:Ist)

Jakarta,deteksionline.com Pengamat Komunikasi Politik Dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe, mengatakan demi menghindari berbagai interpretasi politik dari masyarakat, sebaiknya Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian dan bawahannya untuk berbicara seperlunya saja kepada publik luas terkait berbagai hal yang sedang ditangai aparat kepolisian saat ini.

Menurutnya, keterukuran menyampaikan pendapat atau pernyataan kepada publik jauh lebih baik dari pada harus menanggapi hal-hal yang justru menimbulkan interpretasi politik di kalangan masyarakat.

“Sebaiknya jajaran kepolisian perlu menghindari penyampaian-penyampaian pendapat atau pernyataan yang kurang penting kepada publik sehingga tidak menimbulkan interpretasi politik di tengah masyarakat”, ujar Ramses dalam siaran persnya kepada Wartawan di Jakarta, Kamis (19/1/2016).

Ia menjelaskan, jajaran kepolisian harusnya lebih fokus pada penindakan hukum terhadap pihak-pihak yang sedang berurusan dengan hukum ketimbang menjawab pernyataan-pernyataan pihak-pihak tersebut yang pada akhirnya seolah publik disuguhkan dengan pantun berbalas pantun.

“Saya berharap agar pihak kepolisian lebih fokus kerja pada penindakan hukum, ketimbang membalas pernyataan dari pihak-pihak tertentu, sepertinya kurang eloklah seperti itu,” terang-nya.

Sebagai contoh kata Ramses, pihak kepolisian tidak perlu menjawab pernyataan-pernyataan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq Syihab atau pernyataan-pernyataan pihak lainnya yang justru seperti saling sindir menyindir.

Untuk itu kata Ramses, aparat kepolisian lebih fokus pada persoalan penegakan hukum ketimbang membangun opini publik. Hal ini demi menghindari interpretasi politik di tengah masyarakat.

“Agar terhindar dari interpretasi politik, Polri jangan bangun opini,” tegasnya. (Yori)

 857 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *