Launching E-tilang Sebagai Jawaban Reformasi Hukum Dan Transparansi di Bidang Penegakan Hukum

  • Share
img_20161216_070746
Launching E-Tilang, Samsat Online dan E-SIM Baru di Daan Mogot,Jakarta Barat. (Foto: Yori)
 
 Jakarta,deteksionline.com Hari ini Jum’at Launching E-tilang akan digulirkan, bersamaan dengan E- samsat dan SIM baru On line di Kantor Satpas Dan Mogot Jakarta Barat. Ini berarti bahwa penegakan
hukum e-tilang secara otomatis akan diberlakukan
sbg jawaban atas reformasi hukum dan membangun transparansi di
bidang penegakan hukum.
“Mulai hari ini E-Tilang mulai diberlakukan,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.
Penegakan hukum dengan sistem E-Tilang adalah untuk mempercepat, memudahkan, memangkas birokrasi sebagai bentuk pelayanan prima dibidang penegakan hukum.
“Inovasi ini merupakan program pemerintah demi memangkas Birokrasi yang selama ini dianggap rumit dan panjang oleh masyarakat,” ucap Budiyanto.
img-20161216-wa0000
Bagi masyakat yang terkena tindakan hukum di bidang pelanggaran lalu lintas dipermudah dan diberikan ruang untuk menitipka denda tilang ke Bank yang telah ditunjuk dengan fasilitas jaringan perbankan seperti ATM , EDC dan fasilitas lainnya tanpa harus hadir dipersidangan.
“Titipan denda Bank setelah ada amar putusan , dan amar putusan lebih kecil dari uang yang ditipkan di Bank (denda nominal) , sisa titipan denda tilang dapat diambil pada Bank atau ditransfer ke rekening pelanggar,” tambahnya.
Adapun tata cara mekanisme penitipan denda tilang , disiapkan melalui mekanisme Teller BRI, mobil Banking BRI dan tilang on line melalui EDC BRI.
“Jadi intinya itu adalah mekanisme tata cara pembayaran selalu dilakukan di Bank,” tutupnya. (Yori/Lis).

 450 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *