Kakorlantas : Tiga Aplikasi Inovatif Jadikan Polri Lebih Profesional, Modern dan Terpercaya

  • Share

img_20161216_070742

Jakarta,deteksionline.com Diakhir masa kepemimpinan Irjen Pol Agung Budi Maryoto sebagai Kakorlantas Mabes Polri, secara resmi hari ini, Jum’at (16/12/2016) telah diresmikannya tiga aplikasi inovatif.
Manfaat diluncurkannya aplikasi ini adalah untuk mewujudkan program Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) di tubuh Polri secara khusus Kepolisian lalu lintas. Disamping itu ketiga aplikasi terbaru ini adalah untuk memudahkan dan memaksimalkan pelayanan publik terhadap masyarakat.
“Ketiga aplikasi itu adalah E-Tilang, E-Samsat dan SIM baru Online,” ujar Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto dalam sambutanya di Daan Mogot, Jakarta Barat, Jum’at (16/12/2016).
Irjen Pol Agung Budi M menjelaskan bahwa melalui ketiga aplikasi tersebut masyarakat yang ingin mengajukan pembuatan  SIM baru (A dan C) dan perpanjangan SIM, tidak perlu lagi datang ke lokasi atau daerah sesuai dengan alamat yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP), Begitu pula halnya dengan proses Perpanjangan pajak kendaraan bermotor bahwa masyarakat cukup mengisi aplikasi kemudian melakukan pembayaran melalui Bank yang ditunjuk (BRI dan BNI).
“Semua proses transaksi pembayaran dilakukan di kasir Bank (BRI dan BNI) barulah setelah itu langsung mendatangi kantor Samsat dan Satpas terdekat,” ucap Agung.
img_20161216_091831
Kapolri jenderal Tito Karnavian ikut meresmikan E-Tilang, E-Samsat dan SIM Baru Online. (Foto: Yori)
Sedangkan untuk E-Tilang prose kerjanya adalah, usai ditilang pengendara mendapatkan nomor registrasi tilang, dapat membayar melalui Bank dan ATM kemudian bukti transaksi dapat menjadi bukti guna pengambilan surat atau beraksi yang ditahan.
Selain itu menurut Agung Budi bahwa, Inovasi ini merupakan langkah dan upaya dari kepolisian untuk meminalisir terjadinya Pungli maupun penyelewengan yang dilakukan oleh anggota kepolisian.
“Jadi saat ini pelayanan publik dari kepolisian sudah transparan,” tutur Agung.
Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersyukur karena inovasi yang baru diluncurkan ini mendapat sambutan positif dari semua kalangan termasuk, Ombudsman RI, KPK, Kompolnas, kementrian pendayagunaan aparatur negara, menteri BUMN, Menkoinfo, Menkeu, Menhub, dan para tamu undangan lainnya.
“Alhamdulillah program ini mendapat dukungan dari semua pihak, saya berharap agar program ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat tempat di hati masyarakat, agar Terciptanya ¬†Kamseltibcar,” tutup Agung. (Yori/Lis)

 489 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *