Dalam Sepekan, Ada 33 Personel Polda Metro Jaya Yang Tersangkut Kasus Pungli

  • Share
boy rafli amar
Kadiv Humas polri Irjen Pol.Boy Rafli Amar (foto:Ist).

Jakarta,Deteksionline.com  Dalam sepekan ini ada sekitar 33 anggota Polda Metro Jaya yang  akan ditindak karena tersangkut kasus pungutan liar (Pungli) di pelayanan publik, seperti pengurusan SIM, STNK, BPKB, dan SKCK.

“Dari data yang ada, sampai sepekan ini ada 33 personel Polri yang bertugas di Wilayah Jakarta diamankan oleh Satgas ‘Saber Pungli’, ” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol.Boy Rafli kepada Wartawan di Jakarta, Sabtu (15/10).

33 anggota Polisi yang ketahuan melakukan pungutan liar (Pungli) sekarang masih diperiksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya.

“Jika terbukti melanggar Disiplin, tentu mereka akan kena sanksi,” ucap Boy.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Disiplin Anggota Polri, personel yang melanggar bisa dikenakan sejumlah sanksi, antara lain, teguran tertulis, penundaan pendidikan, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, mutasi yang bersifat demosi, pembebasan dari jabatan, dan ditempatkan di tempat khusus, paling lama 21 hari.

“Ada beragam sanksi disiplin untuk mereka yang melanggar, tergantung putusan sidang kode etik Anggota Polri,” terang Boy.

Untuk diketahui bahwa  Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri sudah menginstruksikan kepada seluruh Polda, untuk membentuk tim khusus pemberantasan pungli. Agar Polri menjadi  lebih bersih terbebas dari budaya koruptif.

“Jika ingin menjadi pemberantas korupsi maka kita harus bisa menghilangkan kebiasaan yang koruptif,” tutup Boy. (Yori)

 486 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *