Polsek Kembangan Ringkus Sindikat Penipu Dengan Modus Sumbang Rumah Ibadah

  • Share
IMG-20160812-WA007
Kapolres Jakarta Barat Kombes Roycke Harry Langie memberikan keterangan pers (Foto : Ist)
JAKARTA,Deteksionline.com Penyidik Polsek Kembangan berhasil mencokok tiga orang tersangka dengan modus penipuan dengan berpura-pura akan menyumbang tenpat ibadah.
Kapolres Jakarta Barat Kombes Roycke Harry Langie mengatakan, tiga tersangka berinsial  HB, MY dan IA ditangkap ketika melakukan aksinya dikawasan Mall Kembangan, Jakarta Barat.
“Kasus ini diungkap oleh Polsek Kembangan.Dari pengakuan tiga tersangka sudah dua bulan beroperasi,” kata Langie yang didampingi Kapolsek Kembangan Kompol  Aldo Ferdian kepada wartawan di Mapolrestro Jakarta Barat, Jumat(12/8)malam.
Dia menerangkan, dalam aksinya tersangka berinsial HB berpura-pura sebagai warna negara (WN) Singapura bertemu dengan salah seorang korban dan akan menyumbang tempat ibadah dengan menunjukan uang Won (mata uang Korea) pecahan 5000.
“Tersangka mencari calon korbannya terutama wanita yang mengenakan perhiasan karena memiliki uang,” jelasnya.
Saat melakukan aksinya, menurutnya, muncul dua orang tersangka berinisial MY dan IA yang mengaku pegawai Bank BRI dan berpura tidak mengenal dengan tersangka HB.
“Tersangka mengajak korban dan HB untuk menukarkan uang Won senilai Rp 5 juta.Korban percaya, karena kedua tersangka mengenakan ID(kartu pengenal) Bank BRI.Pelaku adalah bukan pegawai Bank BRI,” ujarnya.
Dia mengatakan, korban langsung diajak kedalam mobil milik tesrangka dan diajak berputarputar.Selama dalam perjalan, lanjutnya, korban yang sudah terhipnotis menyerahkan kartu kredit berikut nomor dan perhiasan serta uang  kepada pelaku.
“Korban baru tersadar ketika diturunkan dari mobil dan melapor ke polisi,” ungkapnya.
Dia menambahkan, dari penyelidikan polisi diketahui tersangka telah melakukan aksinya di wilayah hukum Polsek Tanjung Duren, Polsek Kebon Jeruk dan Polsek Kembangan.
“Dua kasus ditangani Polsek Tanjung Duren, dua kasus ditangani Polsek Cengkareng dan 4 kasus ditangani Polsek Kembangan,” pungkas mantan Kapolres Khusus Bandara Soekarnohatta ini.
Dia menghimbau, masyarakat untuk tidak percaya apabila ada orang yang datang dan berdalih akan menyumbang tempat ibadah.
“Meskipun itu benar (mau menyumbang), jangan begitu saja percaya,” terangnya.
Editor : Yori
Oleh    : Sapuji

 

 462 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *