Warga Malaysia Borong Tiket Pesawat Pakai Kartu Kredit Palsu, Eh Ketangkep Polisi

  • Share
kartu kredit
Ilustrasi kartu Kredit (Foto : Ist)
JAKARTA,Deteksionline.com Penyidik Subdirektorat Fiskal, Moneter dan Devisa (Fismondev) Direktorat Reserse Krimnal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya mencokok warga negara asing (WNA) asal Malaysia berinisial WCY (18), karena diduga telah membeli 13 tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit palsu.
” Tersangka kita tangkap di salah satu kantor jasa tour and travel, karena diduga ada transaksi mencurigakan senilai Rp 111 juta,” ujar Kasubdit Fismondev Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Teguh Wibowo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis(11/8).
Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan tersangka mengakui telah melakukan seolah-olah melakukan transaksi pembelian tiket pesawat.
“Kartu kredit palsu itu berisi data milik orang lain,” jelasnya.
Menurutnya lagi, kasus tersebut terungkap setelah penyidik gabungan dari Divisi Card Center Bank BCA menemukan adanya transaksi fiktif.Dari hasil penyelidikan, tambahnya, penyidik mendatangi kantor Emerald Tour & Travel di Jalan Agus Salim Nomor57, Jakarta Pusat dan menangkap tersangka.
“Diduga tiket itu akan dijual lagi oleh pelaku. 13 tiket yang dibelinya antara lain penerbangan ke Jepang, Singapura, Malaysia, dan lainnya,” ujarnya.
Dari hasil penyelidikan, dikatakannya, kartu kredit tersebut didapat dari temannya berinisial Ny WN Malaysia.Selain itu, kartu kredit terdapat perbedaan fisik kartu kredit, termasuk data transaksi yang tercatat di sistem Bank BCA.
” Kami menyita barang bukti berupa satu buah laptop merk Oppo, 9 buah kartu kreditpalsu, 19 sales draf, 8 buah invoice dari Emerald Tour& Travel, 8 print out ticket, 1 buah tiket atas nama  Wong Chin Yung WN Malaysia dan 1 buah paspor atas nama Wong Chin Yung,” ungkapnya.
Akibatnya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan, dan atau Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan dengan hukuman penjara maksimal 6 tahun.
Editor : Yori  
Oleh    : Sapuji

 667 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *