Sambut Hut Bhayangkara ke-70, Samsat Keliling Jakarta Pusat Buka Hingga Malam Hari

  • Share
IMG-20160629-WA003
Pelayanan Samsat Keliling yang digelar di kawasan Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta Pusat (Foto: Dok.Samsat Jakarta Pusat)

 

JAKARTA,Deteksionline.com – Sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) Jakarta Pusat menggelar pelayanan keliling (Samling) yang digelar dari pagi hari pukul 09.00 wib hingga malam hari pukul 21.00 wib, dari tanggal 28-30 juni . Inovasi pelayanan yang beranggotakan petugas Ditlantas Polda Metro Jaya, petugas Dispenda DKI Jakarta, Jasaraharja dan Bank DKI ini digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-70 tahun yang jatuh pada tanggal 1 juli 2016 nanti.

Pamin Samling Jakarta Pusat Iptu Inge Ajeng Larasati mengatakan bahwa pelayanan Samsat keliling ini diadakan pada dua tempat yang berbeda, yaitu di lapangan Banteng dan di kawasan Masjid  Akbar Kemayoran Jakarta Pusat.

“Pada pagi hari hingga sore hari Samling digelar di lapangan banteng, Jakarta Pusat. Di tempat itu banyak juga wajib pajak yang datang mengurus pembayaran pajak tahunan kendaraannya. Kemudian pada sore hari kami bergeser ke arah Kemayoran tepatnya itu di kawasan Masjid Akbar,” ujar Inge kepada Deteksionline.com di Jakarta, Rabu (29/6).

Menurut Inge pelayanan Samsat keliling yang digelar hingga malam hari ini adalah untuk menjawab permintaan warga khususnya wajib pajak yang jarang memiliki waktu luang untuk datang ke kantor samsat atau gerai guna membayarkan pajak kendaraannya.

“Samling ini merupakan Inovasi Ditlantas Polda Metro Jaya dalam mendekatkan diri kepada masyarakat serta menanamkan kesadaran bagi wajib pajak untuk membayar pajak tepat pada waktunya. Bisa dikatakan ini sistem jemput bola, dengan demikian tidak ada lagi wajib pajak yang terkena denda, kan sayang sekali jika harus kena denda pajak,” himbaunya.

IMG-20160629-WA004
salah seorang wajib pajak yang menyerahkan berkasnya untuk dilakukan proses perpanjangan pajak kendaraannya. (Foto:Dok.Samsat Jakarta Pusat)

 

Kepala Unit Samsat Jakarta Pusat AKP Edy Santoso ketika dikonfirmasi terkait pelayanan Samsat yang buka hingga malam hari tersebut mengatakan bahwa pelayanan Samling ini hanya diperuntukan bagi pemilik kendaraan perseorangan (atas nama prribadi) dan pelayanan perpanjangan 1 tahunan saja.

“Pelayanan Samling ini hanya melayani pajak 1 tahunan, dengan status kepemilikan perseorangan saja. Untuk PT atau atas nama perusahaan, yayasan dan sebagainya dianjurkan untuk mengurus ke kantor samsat terdekat, karena untuk harus melengkapi persyaratan khusus seperti SIUP dan NPWP.” terang AKP Edy Santoso di Jakarta.

“Jika atas nama pribadi maka anda hanya mempersiapkan KTP asli, STNK asli, BPKB asli yang masing-masing telah difoto copy. selanjutnya petugas kami akan memprroses dengan cepat,tak sampai 15 menit perpanjangan pajak kendaraan anda dapat kami selesaikan,” tutup AKP Edy Santoso.

 

(DOL/Yori) 

 927 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *