KPK Akan Segera Limpahkan Kasus E-KTP Ke Pengadilan

  • Share
e-ktp
Ilustrasi E-KTP (Foto:Ist)

JAKARTA,Deteksionline.com Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyebutkan bahwa untuk kasus proyek pengadaan e-KTP yang tender pada tahun anggaran 2011-2012 silam akan segera dilimpahkan ke pengadilan. Agus dengan gamblang menegaskan bahwa pihaknya telah menghitung jumlah kerugiaan negara.

“Menurut penghitungan dari  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Negara dirugikan lebih dari Rp 2 triliun,” ujar Agus Rahardjo kepada Wartawan di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Untuk kasus E-KTP ini penyidik KPK baru menetapkan seorang tersangka saja  yaitu Sugiharto yang telah telah ditetapkan menjadi tersangka sejak 22 April 2014 silam.

Untuk diketahui bahwa sosok Sugiharto merupakan seorang  pejabat pembuat komitmen (PPK) pada proyek pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012. Ia juga diduga kuat telah menyalahgunakan wewenang dalam proyek senilai Rp 6 triliun tersebut.

Atas perbuatannya itu, Sugiharto disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 atu Pasal 3 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasasn Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP pidana.

(DOL/Yori)

 420 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *