Ditkrimsus PMJ Ringkus Pemalsu Software Di Jakarta Pusat

  • Share
IMG_20160613_133756JAKARTA, DOL – Unit III Subdit Indag Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil menggeledah dua toko di daerah Jakarta Pusat, yang menjual kepingan program-program yang terekam dipasang di komputer atau alat transmisi. Bagian-bagianya beserta aksesorisnya COA atau stiker lisensi dengan memakai merek Microsoft palsu.
“Dua toko ini (Toko M dan toko V)  kami geledah karena ada nya laporan dari Microsoft,  bahwa mereka menjual kepingan program komputer dan stiker lisensi palsu. ‎Dan ternyata. Benar bahwa di dalam toko itu ada ditemukan barang-barang yang kami curigai sebagai barang-barang palsu,” Ujar Kepala Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono kepada Wartawan di Gedung Ditkrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6).
Awi menjelaskan bahwa dalam PENGGELEDAHAN kedua toko ini pihaknya berhasil mengamankan ‎dua pemiliknya yaitu FY dan F. Dan menyita barang bukti 289 pcs CD program Software Microsoft Windows, 30 lembar stiker lisensi (COA) Windows dan 1 lembar bukti transaksi pembelian barang bukti.
Karena aksi pemalsuan ini yang dirugikan adalah pihak Microsoft ‎ Corporation dengan total kerugian mencapai 1 Miliar.
“Pihak Microsoft yang merasa dirugikan, langsung melaporkan ke kami (Polisi), d‎engan total kerugian mencapai Rp 1 Miliar,” Terangnya.
Kedua pelaku ‎terancam Hukum Pidana  pasal 94 UU RI No.15 tahun 2001 tentang merek dan Hak cipta dengan ancaman hukuman penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 200 juta.
Awi menambahkan bahwa kedua pelaku merupakan penjual, sedangkan untuk produsen dan pemasok masih dalam penyelidikan.
“Kedua pelaku hanya penjual saja, nah untuk produsen dan pemasok masih dalam pengembangan penyidik kami,” tutup Awi.
(DOL/yori)

 560 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *