Polisi Berhasil Ringkus Pengedar Dan Penjual Uang Palsu

  • Share
IMG-20160602-WA012
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono menunjukan barang Bukti Dolar Palsu (dok:Ist)

JAKARTA,DOL – Unit 3 Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus peredaran dan penjualan Dolar Palsu. Dalam kasus ini Polisi  berhasil menangkap 8 orang pengedar uang asing palsu tersebut, satu diantaranya adalah seorang  wanita. Para tersangka ditangkap di tiga lokasi berbeda yaitu di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Kedelapan orang pelaku tersebut adalah LUK (38), IKS (59), EDG (39), IGN (39), RUS (46), DEB (54), RAY (48) , dan  YAS (56) seorang  wanita.

“Kasus ini terungkap berkat adanya laporan masyarakat pada 27 Mei 2016 lalu, yang menyebutkan sering terjadi transaksi jual beli mata uang asing palsu jenis Dolar Amerika pecahan $100 . Dari Informasi ini kami lalukan penyelidikan dan berhasil menangkap  tersangka LUK dan lKS di KFC Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono kepada Wartawan di gedung Krimsus, Jakarta, Kamis (2/6).

Dari pengakuan LUK dan IKS bahwa mereka mendapatkan uang dolar palsu itu dari tersangka WLM yang beralamat di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat, yang kini masih buron.
“Dari LUK dan IKS kami amankan uang dolar palsu pecahan USD $100 sebanyak 996 lembar, untuk WLM masih dalam pengejaran,”ucap Awi

Setelah dilakukan pengembangan pada hari  Minggu (29/5/2016), Polisi berhasil menangkap tersangka lainnya berinisial DEB, EDG, IGN, dan RUS di Depan Kebon Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Dari keempatnya disita barang bukti 1.581 lembar dolar palsu pecahan USD $100. Mereka mengaku mendapat uang palsu tersebut dari tersangka MUH (Masih buron).

Selanjutnya Awi menambahkan bahwa  pada senin (30/5 /2016) Polisi  kembali berhasil menangkap tersangka YAS dan RAY di Blok M Plaza, Jakarta Selatan dengan barang bukti 700 lembar dolar palsu pecahan USD $100. YAS dan RAY juga mengaku mendapat uang dolar palsu tersebut dari tersangka WLM (masih buron/DPO).

Dari kelompok YAS dan Ray Polisi berhasil mengamankan 1(satu) lembar uang pecahan Rp100.000 palsu model lama, 2(dua) lembar uang pecahan $100 USD palsu sebagai contoh. 1(satu) lembar uang black money/uang hitam pecahan $100 USD. 4. 1(satu) lembar uang green money/uang hijau pecahan $100 USD 5. 9(sembilan) ikat uang USD pecahan $100 @100 lembar, dan 1(satu) ikat uang USD pecahan $100 USD.

“Untuk pelaku yang masih buron saat ini sedang dalam pengejaran Penyidik Kami, untuk identitas sudah ada ditangan mereka (penyidik),”tutup Awi.

 

Oleh : Yori/Dra/Lis.

 468 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *