Bahaya! Virus Zika Bisa Menjangkiti 4 Juta Orang

  • Share
nyamuk
Ilustrasi Nyamuk Cikungunya (Ist)

JENEWA,DOL  Kabar menakutkan Datang Dari Benua Amerika,menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),menerangkan bahwa penyebaran viru Zika masuk dalam kategori yang sangat mengkhawatirkan. Dimana perkembangan penyebaran virus ini sudah menyerang hingga ke- 23 negara. Yang lebih ngeri lagi Menurut WHO, virus yang menyebar melalui benua Amerika itu bisa menjangkiti tiga hingga empat juta orang.

”Yang kami khawatirkan bahwa Virus Zika ini dapat menjangkiti manusia 3 sampai 4 juita,bayangkan betapa ngerinya virus ini,” Ujar ahli penyakit menular di Kantor Regional WHO Amerika Marcos Espinal,seperti dikutip Reuters, di Jenewa,Jum’at (29/1).

Gejala pertama yang dialami oleh si penderita adalah demam ringan hingga mata merah. Namun dari penyelidikan WHO sekitar75 persen dari orang yang terinfeksi virus Zika tidak memiliki gejala, sehingga penyakit ini sulit teridentifikasi.

Rencanya ada hari Senin mendatang Komite Darurat bencana yang diketuai oleh Dirjen WHO, Margaret Chan untuk membantu menentukan tingkat responsinternasional bagi ibu hamil  untuk menyelamatkan bayi dari resiko cacat karena virus ini.

”Menurut data yang kami terima bahwa Sampai saat ini, kasus Zika ini telah dilaporkan menyebar di 23 negara dan wilayah territorial (Amerika), yang paling rentan terjangkiti adalah ibu hamil,” ujarnya Chan, seperti dikutip Reuters, Jumat (29/1).

Oleh : Yori/Dra/lis

 540 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *