Tolak Radikalisme,Narkoba dan Terorisme

  • Share

apel-kebhikenan2JAKARTA, DOL– Apel Kebhinekaan Lintas Iman Bela Negara dilaksanakan Minggu (17/1/2016) di lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13-30 bertindak sebagai inspektur upacara Jenderal TNI (Purn)Ryamizard Ryacudu.
Dalam sambutannya, Ryamizard Ryacudu. menyampaikan pesan damai untuk seluruh bangsa Indonesia.
“Kita sebagai bangsa yang besar agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan, seperti yang terjadi pada teror bom yang banyak beredar di sosial media,dan teror yang terjadi di Sarinah Jakarta, agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu merasa takut, yang perlu diutamakan adalah terbangunnya kebersamaan yang kokoh diantara masyarakat,ancaman selalu akan ada di sekeliling kita,dan muncul sewaktu–waktu,” katanya.
Ancaman tersebut, antara lain terorisme dan kekerasan dengan menggunakan dalil-dalil agama yang berujung disintegrasi, bencana alam dan lingkungan, peredaraan dan penyalah gunaan narkoba.
“Untuk menghadapi ancaman tersebut pemahaman dan penghayatan wawasan kebangsaan adalah hak mutlak dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.
Disampaikan pula pengertian Bela Negara yaitu bela negara identik dengan perjuangan merebut mempertahankan dan mengisi kemerdekaan tidak di lakukan oleh satu kelompok,suku,golongan,atau agama saja. Rakyat Nusantara dari berbagai latar belakang bersatu padu melawan penjajah hingga akhirnya kita menjadi bangsa yang berdaulat. Inilah fakta yang harus di jadikan landasan dalam membangun bangsa kedepan,” urainya.
Dalam kesempatan yang sama Ryamizard Ryacudu menuturkan bela negara dapat teraktualisasi dalam berbagai bentuk di kehidupan sehari-hari yaitu cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan dan negara.
“Kekuatan rakyat yang dibangun melalui kesadaran bela negara ini bukanlah kekuatan yang bersifat fisik atau materil,namun merupakan kekuatan jiwa yang didasari oleh kecintaannya yang mendalam terhadap bangsa dan negara nya inilah kekuatan maha dahsyat yang di sebut sebagai Bela Negara,” tuturnya dalam upara kebhinekaan lintas iman bela negara.

Acara ini dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin,perwakilan dari negara sahabat,Ahmad Dhani mewakili masyarakat pekerja seni, berbagai ormas,mahasiswa,siswa-siswi smu,dan organisasi keagamaan,dan para tamu undangan kehormatan. d Upacara Kebhinekaan Lintas Iman ini di ikuti oleh berbagai ormas di antara Ormas Sekber Jaringan Nusantara yang di ketuai oleh Ibu Bayutami Sami Amalia,Ormas pawon Mas,Laskar merah putih yang diketua oleh Bapak Ade Erfil Manurung.

 

Pelaksanaan upacara tersebut terlaksana penuh khidmat dengan pembacaan deklarasi untuk saling bertoleransi sesama umat beragama dalam berbangsa dan bernegara dalam bingkai kesatuan NKRI.(Rahayu)

 975 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *