Polisi Gagalkan Peredaran Uang Dolar Palsu Bernilai Rp 3,9 Miliar

IMG20180201110402

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM –¬†Ingin kaya mendadak dengan cara menjual uang dolar palsu, tujuh orang harus berurusan dengan petugas karena kedapatan¬† membawa dan hendak mengedarkan dolar palsu sebanyak 3000 lembar dengan pecahan USD 100.

Saat hendak berangkat melakukan transaksi, tepat di depan sekolah SMP PGRI Serpong, Tangerang Selatan. Langkah pelaku terhenti karena tercium oleh petugas Subdit Ranmor Ditkrimum Polda Metro Jaya.

Para pelaku AS pensiunan TNI (61), YM (60), DP (34), IS (57) dan R (51), menawarkan dolar palsu ke pembeli seharga Rp 4000,-. Apabila dilemparkan ke pasaran maka perlembarnya bernilai Rp 12 juta.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono menjelaskan, penjualan pecahan dolar palsu tersebut melalui transaksi dari mulut ke mulut.

“Pemasaran bukan melalui Medsos, tapi dari mulut ke mulut. Modusnya, korban diiming-imingi dengan keuntungan nilai tukar dolar yang cukup tinggi,” ujar Kombes Pol Raden Argo Yuwono kepada wartawan di depan gedung Subdit Ranmor Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Apabila ditotal keseluruhan, 3000 lembar dolar palsu tersebut berjumlah Rp 3,9 miliar.

“Nilainya cukup fantastis, 3,9 miliar,” jelas Argo.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap seorang pelaku, Opik, yang diduga sebagai pembuat sekaligus pemilik dolar palsu tersebut.

“Satu orang masih dalam pengejaran anggota di lapangan,” tegas Argo.

Akibat perbuatannya, ketujuh pelaku dijerat Pasal 245 KUHP Jo Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 15 Tahun. (Yor)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*