Danpusterad Pimpin Wasev Di Lokasi TMMD Ke-112 Kodim 0736/Batang

  • Share

BATANG,Deteksionline.com – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD yang dipimpin Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, melaksanakan pengecekan secara langsung pelaksanaan TMMD ke-112 Kodim 0736/Batang di Dukuh Wonopriyo, Desa Gerlang Kec. Blado, Senin (20/09/2021).

Danpusterad dan rombongan berkesempatan melakukan peninjauan Pos Kotis, Poskes, dapur umum dan penanaman pohon. Sedangkan sasaran fisik yang ditinjau antara lain pengecoran rabat beton sepanjang 1.004 m sebagai jalan penghubung antara Dk. Wonopriyo dan Dk. Gunungalang Ds. Gerlang, pembuatan talud sepanjang 197 m, pemasangan gorong-gorong plat beton sebanyak 5 unit, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 7 unit dan pembangunan Pos Kamling serta pembuatan sanitasi dan cuci tangan sebanyak 15 unit.

Dikatakan oleh Danpusterad bahwa Desa Gerlang yang dijadikan sasaran TMMD ini adalah daerah potensial karena wilayahnya sangat subur. Ini merupakan investasi luar biasa untuk dioptimalkan hasilnya sehingga lebih berdampak positif bagi warga setempat. Dihimbau kepada masyarakat disamping mengelola perkebunan sebagai lahan penghasil sayuran juga agar tetap menjaga kelestarian pohon sehingga terhindar dari bencana longsor serta oksigen dan sumber mata air tetap terjaga dengan baik.

“Mudah-mudahan nanti ada edukasi dari pak Bupati, Kepala Dinas Perhutani termasuk dari Pak Dandim dan Pak Kapolres, nanti akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mempunyai kesadaran bagaimana memelihara alam, agar alam ini bisa dipakai jangka panjang sampai anak cucu kita nanti ke depan” tandasnya.

Mengenai dampak ekonomi TMMD bagi masyarakat, Danpusterad mengungkapkan bahwa adanya peningkatan kualitas jalan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas distribusi hasil perkebunan para petani. Dengan demikian nantinya dapat menambah nilai perekonomian masyarakat sebab akses yang dilalui labih baik.

“Dengan adanya jalan beton seperti ini, bahkan diperlebar, mobil bisa masuk, yang biasanya pakai ojek cuma berapa Kilo bisa diangkat, nah ini berapa Ton yang bisa diangkat, jadi berlipat ganda bahkan bisa 10 kali lebih menguntungkan dibanding tidak ada jalan ini” ungkapnya.

Diakhir acara Danpusterad berkesempatan memberikan bantuan Sembako secara simbolis kepada warga setempat dan kursi roda kepada Ibu Sautami warga Dk. Sidongkal, Ds. Gerlang. Sebelum mengakhiri kunjungannya Danpusterad juga membagikan masker kepada warga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dirter Pusterad Brigjen TNI Jamaah, Dirlitbang Pusterad Brigjen TNI Ahmad Faisal, S.Sos., M.Soc., Aster Kasdam IV/Dip Kolonel Arm Brantas Suharyo G., Danrem 071/Wk Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., Dandim 0736/Btg Letkol Arh Yan Eka Putra, S.Sos., Bupati Batang Dr. H. Wihaji, S.Ag., M.Pd., Forkopimda Kab. Batang dan Forkompimcam Blado. (Bud/Pendam IV).

 195 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *