Knalpot Bising Menjadi Target Utama Polda Metro, Dalam Pelaksanaan CFN

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com – Polda Metro Jaya telah melaksanakan Crow Free Night selama dua minggu terakhir. Pelaksanaan CFN itu dilakukan untuk mencegah kerumunan massa di tengah situasi Pandemi, yang akan menyebabkan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, selama dua minggu terakhir pihaknya telah mengamankan ratusan kendaraan sepeda motor berknalpot bising kala pelaksanaan CFN ini.

“Minggu kemarin 639 kendaraan yang kita tindak. Bahkan, tadi malam ada 314 kendaraan. Nanti malam minggu ini juga seperti apa kondisinya kita akan lihat,” kata Kombes Sambodo di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu, (18/09/2021).

Dalam pelaksaan CFN lanjut Sambodo, pihaknya sangat fokus menindak tegas terhadap sepeda motor yang menggunakan knalpot bising.

Dimana motor yang menggunakan knalpot bising tersebut, bakal menjadi fokus penindakan petugas dalam pelaksanaan CFN ini.

“Kalau kita melihat dari situasi tadi malam, masih ditemukan adanya pelanggaran – pelanggaran, khususnya terkait dengan  pelanggaran protokol kesehatan di mana adanya kerumunan,” terangnya.

Sementara untuk di tempat hiburan malam yang rata – rata sebagai pemicu kerumunan massa, kita telah melakukan patroli, dan Alhamdulillah sudah baik. Sebab, mereka sudah mematuhi jam operasional, tetapi untuk kerumunan di pinggir jalan nongkrong – nongkrong itu masih banyak.

“Itulah yang kemudian tadi malam kita imbau untuk membubarkan diri selain itu di area CFN tadi malam juga sekaligus kita melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran kendaraan knalpot bising yang semakin lama semakin meresahkan masyarakat,” timpalnya.

Terkait dengan sepeda motor menggunakan knalpot bising itu, beber sambodo, sempat hilang. Namun sekarang sudah mulai banyak lagi, sehingga kemudian kita melakukan penegakan hukum.

“Tadi malam ada 314 kendaraan yang kita tilang kemudian ada beberapa kendaraaan yang kita amankan kendaraannya  kita sita kendaraannya,” tuturnya.

Pelanggaran knalpot bisinig timpal Sambodo, menjadi salah satu target utama petugas, lantaran sangat mengganggu indra pendengaran. Kedua, knalpot bising juga, mengganggu konsentrasi sehingga membahayakan atau berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ketiga, sangat beresiko tinggi, karena rata-rata orang yang menggunakan knalpot bising, pasti akan berusaha memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi supaya suaranya itu keluar.

“Nah ketika dia pengendara memacu dengan kecepatan tinggi, inilah kemudian beresiko untuk menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan  berbahaya, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain,” tegasnya.

Selain penindakan sepeda motor knalpot bising, polisi kata Sambodo, masih menemukan pengendara sepeda motor yang melintas melawan arus lalu lintas. Bahkan, ada juga pengendara yang inin melakuukan konvoi, yang diduga akan melaksanakan balapan liar.

“Sehingga, tadi malam terhadap pelanggaran tersebut, kita lakukan penegakan hukum,” tandasnya.

 126 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *