Warga Penerima BST di RW 011 Tegal Alur di potong 50 Ribu

  • Share

Jakarta, deteksionline- Bantuan Sosial Tunai (BST) yang di berikan Kemensos untuk masyarakat berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial di Tegal Alur khususnya di RT 07 RW 011 kelurahan Tegal Alur, kecamatan Kalideres kini menuai kecaman, pasalnya penerima dana sebesar 300 ribu rupiah perbulan di potong 50 ribu rupiah oleh RT setempat.

Menurut keterangan warga yang tidak mau disebutkan namanya menuturkan, ” pengambilan uang di laksanakan di dalam ruangan yang di saksikan petugas dari kantor pos, setelah selesai pindah keruangan berikutnya dan di ruangan berikutnya itu di potong 50 ribu.,” tutur warga RT 07.

Di tempat terpisah Ketua RW 011 Suwawi membenarkan adanya pemotongan tersebut namun sudah menjadi kesepakatan warga untuk membantu pembangunan pos RW 11. Sebelumnya Yusuf memberikan proposal kepada para RT, ” Saya memang pernah memberikan proposal tapi saya tidak pernah menyuruh untuk memotong BST tersebut, memang kabar yang saya dengar sudah ada kesepakatan antara warga dan RT setempat untuk membantu pembangunan pos RW 11,” ujar Suwawi.
Budi Kasie Pemerintahan Tegal Alur sangat menentang hal ini,” Saya sudah tekankan beberapa waktu lalu ketika kita memanggil para RT khususnya di RW 11 untuk tidak memotong BST apa pun bentuknya, bahkan kami menghimbau para warga yang belum sempat vaksin tetap di berikan bantuan tersebut.” himbau Budi kepada RT.

Mabes Polri juga meminta kepada kepolisian daerah untuk menindak lanjuti setiap aduan masyarakat terkait adanya pemotongan dana bantuan sosial (bansos) covid 19.
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Agus Adrianto mengatakan, ” Kepolisian bekerja sama dengan Kementerian Sosial dalam pengawasan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), Progam Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Saya sudah perintahkan Direktorat Tindak Pindana Korupsi untuk menindak lanjuti setiap aduan warga, ” beberapa waktu lalu.

Warga berharap kedepan sudah tidak ada pemotongan seperti ini lagi, bahkan warga bisa saja memberikan secara ikhlas kepada petugas RT jika tidak di tentukan nominalnya. Tim*

 129 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *