Hendak Beraksi Saat Momentum HUT RI, Puluhan Terduga Teroris Keburu Diamankan Densus 88

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com Hendak beraksi di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, 53 orang terduga teroris diamankan Tim Densus 88 Anti-teror Mabes Polri.

KadivHumas Mabes Polri, Irjen Pol, Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, ke-53 orang terduga teroris ini diamankan pihaknya, usai menggelar penindakan selama dua minggu, sejak tanggal 12 Agustus hingga 17 Agustus 2021.

“53 orang terduga ini, ditangkap di 11 Provinsi yang terdapat di tanah air,” kata Argo, saat menggelar press release di Gedung Bareskrim Polri, Jumat, (20/08/2021).

Puluhan orang terduga yang berhasil diamankan ini kata Argo merupakan kelompok Jamaah Islamiyah (JI) dan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

“Kelompok Jamaah Islamiyah (JI) berjumlah 50 orang, sedangkan 3 orang lianya berasal dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD),” terangnya.

Kepada petugas, para tersangka ini mengaku bahwa aksi teror itu akan dilakukan bertepat dengan HUT RI ke-76 tahun yang dihelat pada 17 Agustus 2021 kemarin.

“Pengakuan para tersangka ini mencuak kala petugas melakukan interogasi,” timpalnya.

Sementara sumber pendanaan kelompok Jamaah Islamiyah beber Argo, berasal dari iuran-iuran wajib para anggotanya, dan juga yayasan yang dibentuk oleh jaringan terorisme tersebut.

“Pengumpulan uang yang dibentuk oleh JI yaitu Baitul Maal Abdurahman Bin Auf (BM ABA), Syam Organizer (SO), Madina, dan One Care,” tutur Argo.

Selain tersangka, Densus 88 juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa kotak amal dan celengan yang dimanfaatkan oleh kelompok Jamaah Islamiyah dalam mencari dana.

“Ada kotak amalnya, kemudian ada kotak infaq ini ada. Kemudian, ada beberapa kaleng-kaleng tempat untuk menyimpan uang itu yang untuk infaq yang tidak bisa kami bawa karena banyak sekali. Ada foto yang kami sita, kami gunakan sebagai alat bukti,”tutur mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Jenderal jebolan Akpol 91 itu pun merinci 11 wilayah yang dilakukan penangkapan terhadap 53 orang terduga terisi itu diantaranya, Sumatera Utara (Sumut) delapan orang, Jambi tiga orang. Lalu, Kalimantan Barat satu orang, Kalimantan Timur tiga orang, Sulawesi Selatan tiga orang, Maluku satu orang, Banten enam orang, Jawa Barat empat orang, Jawa Tengah 11 orang, Jawa Timur enam orang dan Lampung tujuh orang.

“53 terduga teroris yang ditangkap di 11 Provinsi di Indonesia itu, ingin melancarkan aksi terornya saat Hari Kemerdekaan Indonesia atau 17 Agustus 2021,” tutupnya. (Gomes/Ulis JP).

 90 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *