Jual Surat PCR Palsu Beromset Puluhan Juta, Tersangka Di Bekuk Polda Metro

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com Polda Metro Jaya, berhasil membongkar kasus pemalsuan surat bebas Covid PCR yang digunakan untuk orang yang berpergian. Dalam mengungkp kasus tersebut, seorang tersangka berinisial FN berhasil diamankan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal, dari adanya suatu postingan dari akun facebook dengan nama Sizca Situmorang dengan alamat: https://www.facebook.com/sizca.mmbctravel di dalam grup facebook dengan nama grup “JUAL TIKET PESAWAT MURAH”.

Selain jual tiket murah, akun tersebut juga, mengiklankan postingan atau unggahan terkait penjualan hasil Tets Swab PCR tanpa melakukan Test Swab PCR dengan berkomunikasi melalui pesan whatsapp kemudian dengan melakukan transakasi melalui pembayaran transfer antar rekening.

“Sementara hasil Test Swab PCR palsu baru dikeluarkan seolah-olah oleh salah satu Klinik Laboratorium di Jakarta, dimana seolah-olah asli yang dikirimkan oleh tersangka kepada pemesan melalui pesan whatsaap dalam bentuk file PDF,” kata Yusri saat menggelar press release di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (27/07/2021).

Pelaku mengaku aksi kejahatan tersebut telah dilakukan pihaknya sejak tanggal 14 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2021 lalu. Bahkan tersangka meraup keuntungan hingga belasan juta rupiah.

“Omset yang didapat tersangka kurang lebih sebesar Rp 10.500.000,- (sepuluh juta lima ratus ribu rupiah),” tambahnya.

Selain tersangka, polisi turut mengamankan beberapa barang bukti, antara lain seperti, satu unit Handphone merek Samsung J6 Pro Warna Hitam, satu buah ATM BCA, serta satu lembar hasil Swab PCR palsu.

“Satu bundle percakapan Transaksi; 1 (satu) buah akun akun Facebook Sizca Situmorang dengan tautan/link: https://www.facebook.com/sizca.mmbctravel,” timpalnya.

Untuk itu masyarakat dihimbau  agar tidak mengambil tindakan cepat, dalam mendapat surat bebas Covid atau surat Vaksin ketika ingin berpergian. Sadarilah bahwa, kita selalu bersinergi bersama Рsama, untuk memerangi kasus Covid-19 ini.

“Alhamdulilah hingga saat ini, Jakarta sudah landai terkait angka peyebaran terhadap Covid-19,” tutupnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 35 jo Pasal 51 ayat 1 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan dokumen. (Gomes).

 158 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *