Polres Tulang Bawang Barat Tolak Laporan Masyarakat 

  • Share

Tak terima dilaporkan mencuri batang singkong Madrus, Taher dan Sukri mendatangi Polres Tulang Bawang Barat (Tubaba) Senin 12/07/2021 untuk melaporkan balik pelapor namun Madrus dkk harus mengelus dada karena laporan tidak diterima oleh penyidik polres Tubaba Lampung.

Menurut Ridwan yang menangani perkara laporan pencurian pasal 362 KUHP perkara ini masih dalam penyelidikan jadi kami tidak bisa menerima laporan Bapak, katanya kepada Madrus Senin 12/07/2021 diruangan penyidik.

Menurut Madrus, pelapor tidak memiliki bukti kuat terkait laporan pencurian batang singkong namun penyidik tetap memprosesnya, sedangkan saya punya bukti kuat berupa kuitansi pembelian batang singkong idealnya laporan tersebut SP3 karena tidak cukup bukti dan saya bisa melaporkan balik pelapor karena saya difitnah dan dicoreng nama baik saya tapi kenapa penyidik menolak laporan kami, katanya kesal.

Menurut Zainal, SH pengacara senior penyidikan sebuah perkara harus mengacu pada Perkap No. 14 TH 2012 pasal 3 huruf g dinyatakan bahwa penyelidikan dan Penyidikan harus dilakukan secara, efektif, efisien, cepat, tepat dan murah sehingga ada kepastian hukum bagi tersangka atau terlahir.

Lebih jauh Zainal menambahkan, terlapor punya hak yang sama dimata hukum berdasarkan
Pasal 220 KUHP dan Pasal 317 KUHP terlapor dapat melaporkan pelapor jika ternyata pelapor memberikan laporan palsu kepada Polisi hal ini dijelaskan dalam pasal 220 KUHP:

“Barang siapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan.

Pasal 317 KUHP: Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Sementara itu Kasat reskrim Polres Tubaba IPTU Andre Try Putra, S.I.K., M.H saat dikonfirmasi via whatssapnya hanya menyuruh untuk menemui Kanit resumnya, ” silakan temui Kanit resum karena saya sedang Vicon dengan Mabes Polri” itulah jawaban Andre terkait konfirmasi ditolaknya laporan Madrus dkk oleh penyidik Polres Tubaba.(Darsani)

 

 342 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *