Molen Pilih Nama Balai Betuah dan Bilik Betason Yang di Usulkan LAM Pangkalpinang

  • Share

Pangkalpinang, deteksionline.com- Bergerak cepat dalam mengambil keputusan, begitulah yang dilakukan Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Saat 25 calon nama disodorkan oleh Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pangkalpinang, Walikota Pangkalpinang ini langsung mengseleksi nama-nama tersebut.

Akhirnya dari 25 calon nama tersebut, Walikota tertarik dengan sebuah nama yakni Balai Betuah.

Sementara itu, dari 13 calon nama yang diusulkan oleh LAM Pangkalpinang untuk nama ruangan OR Kecil, Walikota Pangkalpinang ini juga tertarik dengan sebuah nama yakni Bilik Betason.

“Terimakasih saya ucapkan kepada Pengurus LAM Kota Pangkalpinang, yang telah mengusulkan puluhan nama untuk mengganti nama OR Besar dan OR Kecil yang ada sekarang ini,” ujar Molen, sapaan akrab Walikota Pangkalpinang ini, di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, Rabu (30/6/2021).

Menurut Molen, Ia memang pernah meminta Pengurus LAM Kota Pangkalpinang untuk mencarikan nama pengganti OR Besar dan OR Kecil, yang menjadi ruang pertemuan di Kantor Walikota Pangkalpinang selama ini.

“Ternyata tantangan saya langsung dijawab oleh LAM Kota Pangkalpinang. Dari puluhan nama yang disusulkan, saya langsung tertarik dengan nama Balai Betuah dan Bilik Betason,” ujar Molen.

Sebelumnya Sekretarais LAM Pangkalpinang Nur Muhammad di dampingi Majelis Pakar Dato Sardi, Bidang Paguyuban Antar Kesukuan Dasril M Saleh dan Bidang Dokumentasi dan Publikasi (Humas) LAM Pangkalpinang Bangdoi Ahada, menyerahkan 12 Rekomendasi hasil Rembuk Adat LAM Kota Pangkalpinang.

Selain itu Pengurus LAM Pangkalpinang juga menyerahkan 25 usualan nama untuk Ruang OR Besar dan 13 calon nama untuk ruang OR Kecil, di Teras Rumdin Walikota Pangkalpinang, Rabu (30/6/2021).

Setelah menerima 12 Rekomendasi LAM Kota Pangkalpinang, Molen juga menerima usulan nama untuk OR Besar dan OR Kecil.

Khusus untuk usulan nama ini, ternyata Walikota Pangkalpinang tersebut langsung menseleksi di hadapan Pengurus LAM Pangkalpinang.

“Semua nama yang diusulkan baik dan bagus-bagus. Tetapi untuk nama ruangan OR Besar dan Kecil, saya tertarik dengan dua nama ini. Silahkan Pengurus LAM Pangkalpinang kembali merembukkan lagi nama yang saya pilih ini,” jelas Molen.

Menurut Molen, nama Balai Betuah memberikan energi positif, dengan harapan setiap kali ada kegiatan ataupun pertemuan di Balai Betuah ini nantinya, akan selalu mendapatkan berkah dan dirahmati Allah SWT.

“Betuah ini mengandung harapan dan doa, bahwa setiap kita melaksanakan kegiatan nantinya akan selalu betuah atau barokah. Sedangkan untuk Bilik Betason, ini mengandung arti bahwa di ruangan inilah nantinya banyak cerita dan kisah yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi dalam membangun Kota Pangkalpinang kedepan,” harap Molen.

Namun demikian, Molen berharap nama-nama yang belum terpilih, untuk tetap disimpan sebagai dokumentasi LAM Pangkalpinang.

Ia yakin nama-nama tersebut nantinya akan berguna untuk penamaan gedung, ruang ataupun fasilitas publik lainnya di Kota Pangkalpinang.

Sekretaris LAM Kota Pangkalpinang Nur Muhammad, mewakili Pengurus Harian LAM Kota Pangkalpinang mengaku bahagiah, rekomendasi dan usulan nama untuk OR Besar dan OR Kecil langsung diterima dan ditindaklanjuti oleh Walikota Pangkalpinang.

“Bahkan usulan untuk nama ruang OR Besar dan Kecil, langsung diputuskan di hadapan kita oleh Pak Walikota,” ujar Nur Muhammad.

Menurut Nur, dua nama yang telah dipilih oleh Walikota Pangkalpinang, akan dikembalikan kepada Pengurus LAM Kota Pangkalpinang untuk dilengkapi arti dan filosofi dari nama tersebut.

Tujuannya agar penamaan kedua ruangan yang diinginkan Walikota Pangkalpinang nantinya memiliki arti dan filosofi yang baik dan membaikkan untuk kita semua.

“Setelah kita lengkapi, secepatnya akan kita serahkan secara resmi usulan dua nama ini kepada Pak Walikota Pangkalpinang. Alhamdulillah, mungkin ini hal kecil, tetapi peristiwa hari ini membuktiklan bahwa LAM Pangkalpinang siap berkerja dan berkarya dalam ikut berkontribusi membangun Kota Pangkalpinang,” ujar Nur Muhammad..(**)

 150 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *