Bupati Bangka Mulkan SH MH Panen Perdana Bawang Merah

  • Share

Bangka, Deteksionline.com-Bupati Bangka Mulkan SH MH melaksanakan kegiatan panen perdana Bawang Merah yang dikembangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka dilahan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka, di Sungailiat Kabupaten Bangka.

Dalam kegiatan tersebut adalah Bupati Bangka Mulkan SH MH ditemani oleh Sekda Bangka, Asisten Setda Bangka, Para Kepala OPD Pemkab Bangka, Tim Penggerak PKK, Dh0arma Wanita Persatuan, GOW Kabupaten Bangka, Para Kabid dan Kasi yang ada di Pemkab Bangka.

Bupati Bangka mengatakan, bahwa pada hari ini Pemkab Bangka melalui dirinya melakukan panen perdana Bawang Merah yang dikembangkan oleh Dinas katahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka.

“Ini merupakan salah satu kebun percontohan sentra pertanian yang ada di Kabupaten Bangka, dan ini merupakan panen raya bawang merah yang ditanam dilahan milik Pemkab Bangka,” terang Mulkan.

Menurutnya, dengan adanya kebun percontohan yang dikembangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka ini dapat merupakan suatu terobosan untuk dikembangkan lagi menjadi Sentra Pertanian unggulan baik bagi masyarakat dan petani yang ada di Kabupaten Bangka.

“Dengan adanya kebun percontohan ini dapat kita kembangkan menjadi Sentra Pertanian unggulan baik untuk para petani kita maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka,” ujar Bupati Mulkan.

Sementara itu Kapala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka, Eliyus Gani mengutarakan, bahwa bawang merah ini ditanam di demplot Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka, dengan bibit bawang merah varietas Bima Brebes dari Jawa tengah.

“Ini merupakan tahap uji coba yang kita lakukan di demplot lahan milik Pemkab Bangka dan ini merupakan yang pertama kita lakukan dengan bibit dari Bima Brebes Jawa tengah,” Bebernya.

Ia melanjutkan, Bibit yang di tanam sebanyak 70 kg dengan lahan seluas 0,5 hektar dan menghasilkan bawang merah dengan kisaran jumlah 500 sampai 600 kilogram dengan jangka waktu kurang lebih 2 bulan lamanya.

“Awal pertama kita tanam bibit bawang merah sebanyak 70 kg dengan luas lahan sekitar setengah hektar dan lama waktu tanam sekitar 2 bulan dengan hasil panen bawang merah berkisar 500  sampai 600 kilogram,” terang Eliyus Gani kepada awak media, Jumat (11/6/2021)…(**)

 138 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *