Penerapan 4 Pilar Sangat Penting Dalam Kehidupan Bermasyarakat

  • Share

Karanganyar, deteksionline.com-Anggota DPR / MPR RI Endang Maria Astuti menjalankan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar. Kegiatan Empat Pilar di laksanakan di Aula Hotel Jwa Dwipa Karanganyar, Jawa Tengah.

Hadir dalam sosialisasi itu dari perwakilan Ormas Kemasyarakatan dan Parpol, Tokoh Pemuda, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat.

Sebagai anggota DPR RI berkewajiban memberikan edukasi pemahaman nilai-nilai yang terkandung di dalam Empat Pilar tersebut kepada masyarakat.

Garis besar sosialisasi Empat pilar ini harus tersosialisasikan secara masif hingga ke tingkat daerah, karena itu untuk menjalankan perintah konsitusi dan tupoksi sebagai anggota DPR RI.

Acara yang mengambil tema “Pola Pikir Penerus Bangsa Terhadap Bhinneka Tunggal Ika” tentunya, yang hadir di sini para generasi penerus bangsa.

Dimana generasi penerus bangsa harus mampu tampil untuk menajaga keutuhan NKRI dan merawat Bhineka Tunggal IKA. yang mana menjadikan tongak sejarah bangsa indonesia yang terkandung makna di dalam bhineka tunggal ika.

Bhinneka Tunggal Ika adalah sesanti bangsa, yang dicantumkan di pita sesanti dalam cengkeraman Garuda Pancasila, lambang negara. Sesanti bangsa ini berfungsi juga sebagai panduan

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunggulan masing-masing, ada yang memiliki kekayaan alam namun sedikit SDM, ada pula yang sebaliknya.

Karena itu, ke Bhinnekaan di Tanah Air hendaknya diwujudkan dengan menjadikan daerah sebagai pusat-pusat peradaban dan kemajuan ekonomi sesuai kekhasan wilayah tersebut.

“Jadi bukan lagi tentang ke Bhinnekaan etnis. Tujuannya untuk menjunjung keekaan (kesatuan) sebagai bangsa dan negara, yang akan membangun kebanggaan,”ucap Endang.

Politikus Golkar ini menegaskan, “perbedaan-perbedaan etnis serta budaya di Indonesia adalah kekayaan sekaligus potensi konflik, walaupun secara politik dan adminstratif persoalan perbedaan ini sudah selesai pada tahun 1945, sejak Pancasila dan UUD 1945 disahkan,” tegasnya.

Anggota DPR RI Dapil Jateng ini menyampaikan, dirinya merasa senang karena masyarakat Kota Metro sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakannya.

Dalam Sosialisasi Empat Pilar yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, Endang Maria Astuti menekankan pentingnya mengimplementasikan Empat Pilar dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan Empat pilar itu kita menuju kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

“Penerapan nilai pokok Empat Pilar sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan nilai pokok Empat Pilar, kita menuju kepada masyarakat yang adil dan makmur, harapan saya kepada masyarakat Kota Metro ini untuk selalu hidup rukun dan makmur,” imbuh Ahmad Bastian.

Selain sosialisasi Empat Pilar, dalam kegiatan tersebut, anggota MPR/DPR RI Endang Maria Astuti banyak menyerap aspirasi dari peserta sosialisasi.

Menanggapi semua aspirasi dari masyarakat Karanganyar, Endang sampaikan, “semua aspirasi yang masuk akan diusulkan ke Senayan DPR RI,” ucapnya.

“Agar supaya ada pemahaman di tingkat bawah terlebih kepada kaum muda anak-anak,karena sosialisai Empat Pilar, sebagai pondasi bangsa agar pondasi kuat  sebagai sarana untuk memperkuat, dan kokoh nya pondasi,” tambah Endang.

Dengan acara meningkatkan toleransi antar berbagai  kelompok bangsa agar bisa nampak bahwa indonesia itu terlihat capaian nya.

“Dalam menciptakan kerukunan dan toleransi, agar indek kerukunan umat beragama. Tercapainya pembangunan adalah kebersamaan itulah yang harus selalu di bangun agar masyarakat kuat pondasi atau akar menjadi kuat. Itu karena masyrakat dan Empat pilar meminta di masukan kurikulum bisa jadi sistem penyampainnya tidak harus di dalam kelas dan semua guru bisa  menyampaikan agar dengan sistem yang lebih simpel tidak teks boox karena jenuh,”ungkap Endang baru-baru ini..(budi s)

 253 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *