Wabup Kortanius : Pemekaran Wilayah Desa adalah Kebutuhan dan Keinginan Masyarakat Mentawai

  • Share

Mentawai, deteksionline.com– Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengharapkan kedatangan Dirjen Kementerian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Ir. Sri Haryanto MM, di Kabupaten Kepulauan Mentawai Tanggal 29 Maret 2021, mendapat apresiasi masyarat Mentawai, karena pemekaran wilayah desa adalah kebutuhan dan keinginan masyarakat Mentawai.

Wilayah Kepulauan Mentawai sangat luas, oleh karena itu sangat perlu pemekaran penambahan wilayah Desa dari Kecamatan Pagai Selatan sampai ke Betiet Kecamatan Seberut Barat.

“Ini sudah keputusan dalam Rapat Koordinasi Menko Maritim untuk pemekaran Desa di Kepulauan Mentawai,” kata Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake.

Ia melanjutkan, ada 40 pemerakan desa keinginan masyarakat Mentawai, tetapi setelah dilihat dan disurvei oleh Universitas Andalas (Unan) mungkin ada sekitar 24 desa yang akan dimekarkan.

“Usulan ada 40 desa, namun setelah dilihat dan disurvei, mungkin ada 24 deza yang layak dimekarkan,” kata Kortanius.

Kemudian, Dirjen Kementerian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama tim langsung melihat dilapangan ke Katiet Desa Bosua Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Mentawai.

Sementara itu tokoh masyarakat Kabupaten Mentawai mengharapkan ada pemekaran untuk kecamatan karena saat ini hanya ada 10 kecamatan di Kabupaten Mentawai.

“Kabupaten Mentawai saat ini hanya ada 10 Kecamatan diharapkan agar mendapat pemekaran selanjutnya, setelah desa dimekarkan dan ini perjuangan semua pihak yang lebih berperan dalam hal ini adalah pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bekerja keras berkomunikasi dengan Provinsi dan Pusat,” kata Tokoh masyarakat Mentawai yang tidak mau disebutkan…(delau)

 137 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *