Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet Resmi Membuka Kegiatan TNI TMMD

  • Share

Mentawai, deteksionline.com-Bupati mentawai Yudas Sabaggalet, SE.MM, buka TMMD KE resmi. 110 TA. 21. Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 tahun 2021, di aula Sekretariat daerah Mentawai, Selasa (2/3/2021).

Dalam kegiatan pembukaan TMMD ini Yudas Sabagalet menyampaikan diruangan Sekertariat Daerah, bahwa Kabupaten Kep. Mentawai sedang berkembang, Kepada OPD agar bersinegi bekerja keras khususnya kepada Dinas PUPR, Kep. Mentawai untuk melanjutkan pembangunan jalan yang sudah dibuka oleh TMMD.

” Pembangunan jalan yang telah dilakukan TMMD di Kabupaten Mentawai agar di follow Up, yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan dangan perencanaan, bisa bermanfaat kepada masyarakat Kep. Mentawai selanjutnya, harapnya”,tuturnya.

Bupati sangat berharap kepada OPD, ” untuk jangan banyak mengeluh dalam segala keadaan dan kekurangan tetapi harus optimis agar jangan menjadi patah semangat, walau dalam keadaan saat Covid19, namun hal itu menjadi motivasi untuk kita bersama membangun lebih baik”,harap Bupati Yudas.

Sementara itu, Ddalam pembukaan TMMD ini juga Dandim 0319/Kep. Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto, ST menyampaikan laporan kegiatan membantu pembangunan sosial di kep. Mentawai, sebelunya kegiatan pra TMMD telah digelar sejak Senin (8/2/2021) hingga Minggu (28/2/2021).

Selanjutnya, TMMD resmi digelar selama 30 hari dari Selasa (02/3/2021) hingga Rabu (31/03/2021). Tujuannya untuk membantu akselerasi pembangunan di daerah dan membantu kerja Pemerintah daerah kepulauan Mentawai.

Sasaran fisik TMMD tahun 2021 ini diantaranya, pembukaan badan jalan sepanjang lima kilometer, lebar sepuluh meter, parit kiri dan kanan lebarnya satu meter dengan kedalaman satu meter.

Selanjutnya, rehab rumah tidak layak huni lima unit, rehab mesjid dua unit, dan rehab gereja dua unit. Untuk Kegiatan non fisik diantaranya, penyuluhan wawasan kebangsaan, belanegara, sosialisasi bahaya teroris dan narkoba, penyuluhan pertanian dan peternakan.

Hukum, sosialisasi penanggulangan bencana, sosialisasi kesehatan ibu hamil, penegakan protokol kesehatan Covid-19, gizi, hidup bersih dan sehat, KB, kesehatan lingkungan, stunting, posyandu, penyakit tidak menular.

Sumber anggaran kegiatan TMMD, Dandim Mentawai menyebutkan berasal dari dana APBD Pemda Mentawai, Kemenag Provinsi Sumbar dan Baznas provinsi Sumbar.

Pembukaan TMMD skala dengan pemukulan gong didampingi, Yosep Sarogdok, Ketua DPRD, Kortanius Sabeleake, dan Forkopimda dan juga penandatanganan serta penyerahan program TMMD dari Bupati Kep. Mentawai kepada Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto, ST. selaku Dansatgas TMMD ke 110 tahun 2021.

Sewaktu memukul Hong, Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada Dandim 0319 / Letkol Czi Bagus Mardyanto, ST. Mentawai. . (delau)

 138 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *