Dua Unit Excavator Kembali Garap IUP PT Timah di Desa Tepus, APH Belum Bertindak

  • Share

Toboali, deteksionline.com- Dua Unit Excavator (PC) Merek Hitachi warna oranye terpantau kembali melakukan aktivitas penambangan di depan SMP Negeri 4 Air Gegas, Desa Tepus, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (2/3/2021).

Pantauan awak media di lokasi pada Selasa, 2 Maret 2021 kemarin, dua alat berat PC tersebut sedang melakukan kegiatan penambangan pengerukan di lahan yang diketahui masuk wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) milik PT Timah Tbk.

Informasi yang berhasil dihimpun, dua PC warna oranye itu diduga melakukan aktivitas penambangan tanpa izin Surat Perintah Kerja (SPK) atau ilegal, tanpa sepengetahuan PT Timah sebagai pemilik IUP.

Lokasi tambang yang digarap alat berat itu diduga milik dua orang, hal itu didapatkan dari warga di sekitar lokasi, bahwa tambang timah ilegal milik Y dan J. Untuk biji timah tersebut, diduga dibelikan oleh kolektor di sekitar lokasi.

Sementara Kepala Bidang Pengawasan Tambang dan Pengangkutan Bangka Selatan, Sindhu mengatakan saat ini pihaknya telah berkomunikasi dengan pemilik tambang.

“Upaya untuk merangkul sudah kita lakukan, agar produksi biji timah bisa masuk ke PT Timah. Kalau kawasan tambang tersebut memang benar di wilayah IUP PT Timah, tapi izin PT Timah tidak mengeluarkan izin SPK, jadi bisa dikatakan kegiatan tambang itu ilegal,” kata Sindhu , Rabu, 3 Maret 2021.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan AKP Ghalih Widyo Nugroho masih mempertanyakan lokasi dari aktivitas Excavator itu.

Lokasinya dimana, tanya AKP Ghalih, Rabu (3/3/2021).

Kemudian Kasat Reskrim menginformasikan akan berkoordinasikan dengan PT Timah terkait aktivitas tambang tersebut karena itu masuk IUP PT Timah.

“Nanti kami koordinasikan dengan PT Timah”, terang AKP Ghalih .. (redaksi)

 133 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *