Bupati Mentawai Panen Perdana Padi Sawah Variates Siam-Siam

  • Share

Mentawai, deteksionline.com- Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet melaksanakan kegiatan panen perdana padi sawah Kelompok Tani di Desa Sido Makmur SP II Kecamatan Sipora Utara, Senin (22/2).

Panen perdana ini merupakan hasil pertanian dari Kelompok Tani pnanaman bibit padadi, jenis organik varietas Siam Siam Dua Tongkol di areal 14 Ha.

Pada panen perdana itu, Yudas Sabaggalet didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Mentawai Hatisama Hura SP, MM.

Dalam kesempatan itu, Yudas Sabaggalet menghimbau agar pertanian di Kabupaten Mentawai memiliki hilirisasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan petani. Untuk itu petani harus terfokus pada pertanian sawah.

” Kita dari dulu sudah menargetkan agar hasil pertanian di Kabupaten Mentawai dapat meningkatkan perkonomian masyarakat, tidak hanya untuk swasembada pangan, untuk mencapai itu, perlu terfokus, kerja keras guna menciptakan produk lokal dari hasil pertanian, di Kabupaten Kepulauan Mentawai”, ucap Bupati Mentawai asal Partai PDI Perjuangan ini.

Sementara itu Hatisama Hura mengatakan, program pengembangan variates Siam-Siam ini berhasil atas bantuan Prof. Avraham Eliezer Tobing.

Hatisama Hura berharap setelah sukses pengembangan Padi Sawah di Desa Sido Makmur SP 2 pada kelompok tani Sikhem mudah- mudahan kita harapkan Prof. Avraham Eliezer Tobing dapat mendampingi Petani sawah kita diwilayah lain di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

” Dengan target hasil petani sawah, menghasilkan 5 ton perhektar, tetapi akibat kekeringan yang melanda beberapa bulan ini saat waktu penanaman petani sawah, hari kemarau, sehingga menurun produksi petani menjadi 4 .3 ton perhektar, yang kita laksanakan di SP 2″, terang Hatisama Hura.

Sebelumnya, Petani sawah di Kepulauam Mentawai ini rata-rata hanya berharap hujan musiman, kalau tidak ada hujan, maka produksifitas dari pada petani sawah pasti akan menurun, terutama pengisian bulir sangat dipengaruhi oleh ketersediaan air.

Walaupun sudah ada irigasi belum memadai, keberhasilan Petani sawah di Mentawai di tentukan dengan ketersediaan Air, walaupun sudah ada irigasi keseluruhan belum maksimal dari hulu kehilir, irigasi sudah di bangun tidak memadai..(delau)

 261 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *