Rampok Minimarket, Di Masa Pandemi, 5 Tersangka Di Amankan Polda Metro

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com – Subdit 4 Jatanras Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, kembali mengungkap kasus pencurian dan kekerasan.

Bahkan 5 orang tersangka berhsil diamankan polisi saat menuntaskan kasus tersebut.

“Mereka diantaranya berinisial JR, WAM, MFA, AG dan MNU,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (26/01/2021).

Dalam aksinya, spesialis kelompok ini lanujut Yusri, menyasar pada Minimarket – minimarket yang sepih. Wilayah aksinya, mulai dari Tanggerang, Ciputat, sampai Bogor, Jawa Barat.

Dalam aksinya, kelompok ini membagi perannya masing – masing. Bahkan kelompok ini membekali diri mereka menggunakan senjata tajam, dan senjata api.

“Karena kelompok ini adalah pemain lama sebagai spesialis pencuri dan kekerasan yang menyasar pada Minimarket – minimarket,” tambahnya.

Untuk mencegah terhadap aksi kejahatan kelompok ini, Polda Metro kata Yusri telah membentuk Tim Satgas Curas, Curat, dan Curanmor yang beranggotakan dari Polres – polres yang ada di wilayah hukumnya.

“Ini yang kami harapkan dan terus melakukan upaya preentive yang kami lakukan demi mencegahnya terhadap kelompok ini,” terangnya.

Guna meminimalisir terjadinya aksi kelompok ini, minimarket dihimabu untuk memasang camera Closed-Circuit Television  (CCTV). Bahkan himbauan ini juga disampaikan melalui Asosiasi minimarket. Selain itu, MInimarket juga menyiapkan tenaga keamanan seperti security.

“Namun masih ada minimarket yang belum memasang cctv dan tak menyediahkan security keamanan tersebut,” bebernya.

Dari lima tersangka ini satu orang tersangka berinisial RJ terpaksa dilakukan tindakan tegas. Dimana petugas mendaratkan timah panas ke kakinya. Sebab, saat dilakukan penagkapan tersangka RJ ini melawan petugas.

“Petugas menembak kaki capthen kelompok ini berinisial RJ,” tandasnya.

Akibat ulah kelompok ini, minimarket mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Pasalnya uang milik minimarket yang ada di brankas raib diambil kelompok ini.

Pengakuan pelaku, dari hasil kejahatan itu pelaku lanjut Yusri, hanya untuk foya – foya.

“Pelaku menggunakan uang hasil curian itu untuk senang – senang,” timpal Yusri.

Selain tersangka, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain seperti,
Sepeda Motor Honda PCX Hitam No.Pol. F 2440 FFM senjata tajam seperti Clurit, laptop, kartu ATM bank BCA, dan lain sebagainya.

Untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatan tersebut, para pelaku ini dijerat dengan Pasal, 365 ayat (2) KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 12 (dua belas) tahun penjara.

(Gomes).

 144 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *