Palsukan Surat Keterangan Swab PCR, Tiga Tersangka Diciduk Polisi

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com – Manipulasi data surat keterangan Swab PCR melalui media elektronik, tiga tersangka diamankan Polda Metro Jaya. Bahkan, ketiga tersangka yang berhasil diamankan polisi ini, masih berstatus masih mahasiswa.

“Mereka diantaranya berinisial MHA, EAD, MAIS, ketiganya itu juga ditangkap di daerah yang berbeda – beda, mulai dari Bandung, Bali, dan Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Yusri Yunus, Kamis, (07/01/2021).

Bahkan, dalam melancarkan aksinya, tersangka MAIS beber Yusri, dibantu oleh temannya yang juga ikut dalam penerbangan ke Pulau Dewata Bali tersebut. Sementara untuk File PDF surat keterangan SWAB atau PCR BUMAME FARMASI ini, tersangka peroleh dari temannya, yang memang melakukan pemeriksaan pada BUMAME FARMASI untuk keperluan penerbangan ke Pulau Bali.

“Awal pemalsuan Swab PCR yang dilakukan itu, jumlah 3 buah surat, untuk 3 orang termasuk dirinya sendiri. Meskipun saat itu tersangka MAIS tidak melakukan pemeriksaan SWAB atau PCR yang sebenarnya,”terangnya.

Selain tiga tersangka, polisi kata Yusril bakal memanggil pengelola Bandara Soekarno Hatta untuk diminta keterangan. Alasan pemanggilan itu untuk dimintai keterangan ihwal surat keterangan Swab palsu bisa diloloskan pihak petugas Bandara, ditengah pemeriksaan terhilang ekstra ketat yang dilakukan oleh pihak perugas Bandara terkait indikasi pemalsuan surat keterngan Swab PCR palsu ini.

“Ya polisi akan minta keterangan pihak Bandara Soekrno Hatta juga dalam kasus ini,” tegasnya.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti dalam kasus ini antara lain yaitu, beberapa unit handphone, berikut sim cardnya, Akun instagram dengan nama @hanzdays. Akun email dengan nama hunzdays.business@gmail.com,  Akun icloud dengan nama muhammadfarhanali889@gmail.com, dan dua unit laptop Macbook.

Atas perbuatannta, tersangka dijerat dengan Pasal, 32 jo pasal 48 Undang-undang Nomor 19 tahu 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan atau pasal 263 KUHP.

Gomes

 271 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *