Bupati Bangka Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

  • Share

Babel,deteksionline.com-Bupati Bangka Mulkan, SH.MH menerima penghargaan dalam ajang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas Inovasi ‘Abang Timah Untuk Bu Disa’.

Menteri Menpan RB, Tjahjo Kumolo langsung menyerahkan piagam penghargaan ini untuk Bupati Bangka.

Penyerahaan sendiri dilaksanakan di Gedung Tribata Jakarta, Rabu ( 25/11/2020). ini diberikan pada acara Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020. Hasil dari kompetisi ini akan diikutsertakan dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Abang Timah Untuk Bu Disa sendiri merupakan inovasi dari pemerintahan Kabupaten Bangka melalui dinas Pangan dan pertanian guna memanfaatkan lahan bekas tambang timah menjadi lahan pertanian.

Inovasi ‘Abang Timah Untuk Bu Disa’ masuk dalam 45 inovasi terbaik dari seluruh Indonesia dan berhasil menyingkirkan inovasi dari daerah lainnya. Hal ini merupakan suatu prestrasi serta keberhasilan pemerintah Kabupaten Bangka dikancah nasional.

“Pemkab Bangka dalam mewujudkan hal tersebut merupakan berkat dari kerjasama lima elemen pembangunan atau yang biasa disebut pentahelix. Sehingga kerja sama dan kekompakan merupakan kunci mewujudkan hal tersebut,” ungkap Mulkan, Kamis (26/11/2020).

Selain itu dirinya mengharapkan diraihnya penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi instansi serta para pegawai lainnya untuk terus berinovasi. Dengan inovasi dapat membantu segala pekerjaan guna mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras semua elemen pemerintah daerah yang setiap tahunnya terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga ada peran para pengusaha, perguruan tinggi, masyarakat serta para media massa,” ungkap Mulkan.

Seperti dikutip dari Menpan, Dari 3.059 proposal inovasi yang terdaftar secara online dalam Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SiNoviK), telah diseleksi melalui sejumlah tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, penilaian proposal oleh Tim Evaluasi, presentasi dan wawancara oleh Tim Panel Independen.

Hasil ini merupakan hasil dari presentasi dan wawancara Top 99 dan 15 Finalis Inovasi Pelayanan Publik 2020. Mengingat pandemi Covid-19 masih melanda, tahapan wawancara dan presentasi tersebut dilakukan secara daring atau online. Tahap observasi lapangan juga ditiadakan akibat dari pandemi ini.

Penulis : Heri

 258 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *