Edison Taher : 99 Persen Orang Tua dan Siswa Ingin Pilih Belajar Tatap Muka

  • Share

Pangkalpinang,deteksionline.com – Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Pangkalpinang, Edison menyebut bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SMA Muhammadiyah memang tidak lagi rutin dilaksanakan sejak Maret 2020. Tatap muka hanya dilaksanakan di waktu tertentu dengan tetap menerapkan protoko covid 19 secara ketat.

Keterbatasan ini memang membuat siswa kita harus belajar dari rumah, namun hal ini juga menyebabkan banyak keluhan dari para orang tua. Bahkan dari hasil survei yang di laksanakan, ternyata orang tua hanya mampu 1 jam untuk mendampingi anak-anaknya belajar.

Bahkan tak sedikit orang tua yang juga mengaku berusaha mengendalikan emosional diri sendiri dalam mendampingi anak-anaknya belajar.

”Jadi memang disini ada kerinduan anak-anak untuk hadir di sekolah termasuk dari para orang tua juga saat kita tanya, lewat survei dari surat pernyataan hasilnya 99 persen, orang tua menginginkan anak-anaknya belajar lewat tatap muka,”ujarnya.

Edison menyebut bahwa dari proses pembelajaran yang dilaksanakan SMA Muhammadiyah Pangkalapinang melalui ship pagi dan ship sore, juga menunjukan hasil pembelajaran yang diberikan hanya mampu memenuhi 50 persen dari kompetensi dasar yang diharapkan maupun dari standar kurikulum yang ada.

“Karenanya di masa pandemi ini, kita memang tidak berharap banyak , apalagi ini memang kondisinya darurat , sehingga anak-anak kita tidak bisa maksimal dalam melaksanakan proses pembelajaran”, Ujarnya.

“Dan karena itu konsep kami di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang, bahwa terutama sebagai guru kami tetap berupaya untuk memberikan pelayanan kepada anak-anak, baik dengan guru datang ke rumah siswa maupun komunikasi intens dengan orang tua,”tambahnya.

Menurut Edison, proses pembelajaran secara daring di rumah, di tengah pandemi covid-19 sekarang ini, juga sangat mempengaruhi konsentrasi anak dalam belajar.

“Konsentrasinya tidak seperti bagaimana ketika anak belajar di sekolah. Dan inilah yang menyebabkan 99 persen, anak ingin datang dan belajar di sekolah. Terlebih para orang tua juga menginginkan anak-anaknya belajar dengan sistem tatap muka di sekolah”,
Imbuh Mantan Kadis Pendidikan Kota Pangkalpinang tersebut.

Penulis : Liya

 364 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *