by

177 Terkonfirmasi Positif di Mentawai

Mentawai,Deteksionline.com, Tercatat kasus virus Corona di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 177 pasien positif,  mulai Bulan Maret 2020 sampai  14 November 2020, dan 126 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Jadi, sekarang tinggal 51 orang pasien lagi yang masih diisolasi atau dirawat, dibergai Puskesmas di Kepulauan Mentawai.

“Kita juga patut bersyukur karena tidak ada pasien positif yang meninggal,” Imbuh Lahmuddin dalam Jumpa pers bersama Wakil Bupati Kortanis Sabeleakke  di Alau Sekertaris Daerah Kepulauan Mentawai, Rabu (18/11/2020).

Ia menambahkan, Pemkab Kepulauan Mentawai sangat berharap kesadaran masyarakat dan seluruh pihak agar mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari memakai Masker, Menjaga jarak fisik, rajin Mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjalani pola hidup sehat dan bersih.

“Jika kita kompak patuh protokol kesehatan, beban berat ini tentunya akan menjadi ringan. Sebab kasus positif semakin berkurang dan kita tidak kesulitan mencari tempat isolasi,” Jelas Lahmuddin.

Lahmuddin Siregar, menjelaskan bahwa fasilitas sarana yang disediakan untuk penampungan pasien positif Covid-19 di Mentawai sudah mulai penuh. Baik itu RSUD, Puskesmas atau tempat-tempat khusus seperti homestay.

“Ini tentunya menjadi tugas berat yang harus kita tanggulangi bersama dan tetap kita jalani, mengingat terkonfirmasi positif masih terus bertambah”, Jelasnya.

Kemudian, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Mentawai, sudah mendapatkan solusi yang sedikit meringankan beban tersebut yaitu dengan menambahkan Hotel Turonia di Tuapejat, dan Wisma Lestari di Sikakap sebagai tempat isolasi positif Corona.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai kortanius Sabeleakke, mengatakan wajib Swab tidak berlaku bagi kapal antar pulau namun hanya berlaku bagi pelaku perjalanan dari kota Padang pulang naik kapal ke Mentawai dan terkait anggaran Swab gratis masih dapat terkendali hingga akhir tahun 2020.

” Wajib Swab berlaku bagi pelaku perjalanan dari Kota Padang dan untuk anggaran Swab masih gratis”, Imbuhnya.

Diketahui berdasarkan SE Bupati Surat Edaran Nomor: 360/559/Bup-2020 tentang wajib Swab tes bagi pelaku perjalanan ke Wilayah Kepulauan Mentawai tidak ada batasnya, namun akan di evaluasi per 15 hari, tergantung perkembangan kasus positif Covid-19 meningkat atau menurun. Apa bila angka kasus turun SE akan di sesuaikan kembali sesuai dengan kondisi.

Penulis : Delau

 405 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed