by

Polri Ungkap Kasus Curat Sepeda

JAKARTA, Deteksionline.com- Subdit 4 Jatanras, Ditreskrimum Polda Metro Jaya, berhasil mengungkap kasus Pencurian dan Pencurian Dengan Pemberatan kendaraan Sepeda yang belakangan marak terjadi di wilayah hukumnya.

Dalam mengungkap kasus tersebut, polisi berhasil mengamankan 7 tersangka serta puluhan barang bukti. Sementara satu tersangka berinisial ER masih menjadi buron polisi alias DPO dalam kasus ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal setelah menerima laporan dari masyarakat. Menindaklanjuti laporan para korban itu, Team Opsnal unit 1 Jatanras melakukan penyelidikan, dan akhirnya petugas berhasil menemukan keberadaan para pelaku.

“Awalnya, Team Opsnal Unit 1 melakukan penangkapan terhadap 3 (tiga) orang pelaku di pasar Anyar Tangerang, masing masingnya berinisial, ETB als. Ambon, RH als. Ryan als. Ozi dan YI als. Yono. Bahkan, pelaku itu di bawa ke Polda Metro Jaya guna di lakukan pemeriksaan dan pengembangan kasus selanjutnya,” kata Yusri, ketika menggelar jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin, (16/11).

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku ETB als. Ambon, RH als. Ryan als. Ozi dan YI als Yono seta ER (DPO) kata Yusri, diketahui bahwa para pelaku ini, telah beberapa kali melakukan aksi pencurian sepeda di daerah Sepatan dan Jatiuwung Tangerang. Bahkan, hasil aksi kejahatan pencurian itu, pelaku jelas Yusri menjual kepada seorang penadah yang berinisial AS alias RT Dede, dan E alias. Endang.

Yusri menyebutkan, sejak periode Januari 2020 sampai dengan November 2020 ini, dalam melakukan aksi pencurian itu, tersangka ETB als. Ambon, RH als. Ryan als. Ozi dan YI als. Yono serta E (DPO) telah melakukan pencurian lebih dari 30 unit Sepeda periode Januari 2020 sampai dengan November 2020.

“Sekitar 30 Unit telah dijual kepada tersangka AS als. RT Dede dan 2 (dua) Unit sepeda di jual kepada tersangka E als. Endang,” tambahnya.

Berangkat dari itu, polisi kembali mengamankan terhadap tersangka AS als. RT Dede dan tersangka E als. Endang didaerah Angke Jakarta Barat. Dari tersangka AS als. RT Dede polisi menyita 1 (satu) Unit Sepeda Lipat Merk United Cora 9 Speed Warna Hitam – Gold yang merupakan milik korban Ronny Suhermawan.

“Sedangkan dari tersangka E als. Endang dapat disita 1 (satu) Unit Sepeda merk Pacific Warna Biru yang merupakan milik korban Setriawan dan 1 (satu) Unit Sepeda Merk United warna Merah milik korban Puji Purwati,” terang Yusri.

Tak sampai disitu saja, lalu Team Opsnal Unit 1 kembali melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku di pinggir jalan Angke Jakarta Barat, berinisial T als Iyus als Loreng dan tersangka M di rumahnya yang beralamat di Jalan, Jembatan Item Rt.007 / 007 Kel. Pekojan Kec. Tambora Jakarta Barat.

“Kemudian para pelaku dibawa ke Polda Metro Jaya guna di lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Dalam melakukan aksinya, para tersangka ini sebut Yusri, secara bersama sama masuk ke perumahan-perumahan dengan cara memanjat pagar belakang perumahan, selanjutnya satu tersangka masuk ke perumahan dan tersangka lainnya menunggu diatas pagar dan di samping luar pagar untuk menerima sepeda hasil curian.

“Setelah mendapatkan sepeda hasil curian sesuai dengan jumlah tersangka maka tersangka akan melakukan Gowes bareng menuju ke tempat penadah untuk menjual sepeda hasil pencurian dimaksud,” tandasnya.

Atas perbuatannya, para tersangka ini di jerat dengan Pasal 363 KUHP, diancam dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun, dan Pasal 362 KUHP, diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun.

penulis:Ulis JP

 180 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed