Bertekad Untuk Menjadi Inspiration People, Pemdes Cupat Lakukan Study Banding Ke Desa Bukit Layang, Bakam

  • Share

BUKIT LAYANG, Deteksionline.com – Pemerintah Desa Cupat Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat bertekad ingin menwujudkan desanya menjadi Desa Maju, Aman dan Sejahtera.

Serta berkomitmen meningkatkan  transparansi anggaran Desa perencanaan, pengelolaan dan pertanggung jawaban sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan pelaku UMKM di Desanya.

Untuk itu Pemdes Cupat Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat dipimpin oleh Zainudin Ketua DPD Desa Cupat melakukan study banding ke Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Jumat (5/11/2020).

Rombongan study banding Pemdes Cupat diterima oleh Kepala Desa Bukit Layang Andri, Para Kadus, RT, PKK, BPD, PPL, SMD, PLD Desa Bukit Layang serta perwakilan dari pihak Kecamatan Bakam Ngatiman di Desa Bukit Layang.

Zainudin selaku Ketua BPD Desa Cupat Parit Tiga Bangka Barat kepada Deteksi Online mengatakan, pihak Pemdes Cupat bersama aparatur desa dan lapisan masyarakat Desa Cupat Jebus ingin mencontohkan keberhasilan Desa Bukit Layang dalam mengelola desa menjadi Desa Maju, Aman dan Sejahtera.

” Kita mau belajar memanfaatkan dan mengelola lahan ex tambang menjadi agro wisata atau wisata terpadu, menjalankan Festival Anggaran sebagai komitmen  transparansi anggaran dengan pembuatan spanduk 2 x 3 yang di tempat kan di setiap dusun”, Kata Zainudin.

“Kami akan terus berupaya melakukan penerapan pelayanan terbaik bagi masyarakat termasuk suport Kepala Desa berupa reward kepada jajarannya yang telah melaksanakam kinerja pelayanan terbaik seperti, RT, kadus, PKK, kader kesehatan dan lainnya,” Tambah Zainudin lagi.

Bersama seluruh lapisan masyarakat dan staekholder lainnya, aparatur desa juga menjalin komitmen bersama dalam memanfaatkan potensi alam yang ada, terus membina hubungan/komunikasi dengan unsur steakholder yang ada.

“Bahkan pihaknya juga ingin belajar bagaimana berusaha mencari dana di luar dana Desa & ADD untuk membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus terus mendorong terbukanya mindset masyarakat akan pentingnya sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam yang ada dan lain sebagainya”, Imbuh Zainudin.

Lanjut Zainudin, kita ini adalah putra putri terbaik Desa  Cupat, makanya kalau bukan kita yang membangun desa siapa lagi, mari mengesampingkan ego demi kesejahteraan masyarakat.

“Termasuk peran kami sebagai BPD tetap mendukung dan mengawal segala kebijakan yang pro masyarakat seperti di Desa Bukit Layang ini”, Ujarnya.

Kemudian, di Desa Bukit Layang ini semua aparatur Pemerintah Desa berkomitmen mendorong pemberdayaan ekonomi,  maka aparatur Pemerintah Desa dan juga terus mengajak peran dan keterlibatan perempuan dalam persamaan “Gender” dalam ikut serta bersama membangun desa. Perhatian Pemdesnya dilakukan dengan rutin membantu sosialisasi, pelatihan ,kunjungan kerja, permodalan hingga pemasaran produk- produk para pelaku UMKM  Desa.

” Kami lihat Kepala Desa Bukit Layang itu adalah Pemimpin yang berani berkorban dalam membuat gebrakan-gebrakan baru, membuat masyarakat Desa Bukit Layang ikut berpikir positif bahwa lahan yang sudah tidak produktif lagi pun tetap bisa di kelola menjadi produktif, sehingga  masyarakatnya akan bisa mendapatkan profit/keuntungan. Motto Desa nya sangat bagus sekali,
“INSPIRATION PEOPLE”(Hidup Bukan Tentang Siapa Terbaik, Tetapi Hidup Tentang Siapa Yang Mau Berbuat Baik). Seperti inilah yang akan kami terapkan di Desa Cupat nanti”, Tandas Zainudin.

Penulis : Liya

 466 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *